eprintid: 52242 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/22/42 datestamp: 2022-07-26 04:56:14 lastmod: 2022-07-26 04:56:14 status_changed: 2022-07-26 04:56:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Akhmad Ali Marzuqi, NIM.: 13220004 title: BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUIAN DIRI SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: bim_kons divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Penyesuian Diri Siswa note: Pembimbing: Dr. Irsyadunnas, M.Ag. abstract: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuian diri siswa MAN 3 Bantul Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 Guru Bimbingan dan Konseling Kelas X MAN 3 Bantul Yogyakarta dan 6 orang siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Objek penelitian ini adalah tahap-tahap pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuian diri siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan model kualitatif, metode pengumpulan data yang berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling MAN 3 Bantul Yogyakarta untuk meningkatkan penyesuian diri siswa kelas X melalui beberapa tahapan yaitu: (1) Langkah awal yaitu pembentukan kelompok sampai dengan mengumpulkan para peserta yang siap melaksanakan kegiatan kelompok. (2) Perencanaan kegiatan, dimana dalam tahap ini terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain: (a) Materi dan sasaran layanan, (b) Tujuan layanan, (c) Rencana penilaian, (d) Waktu dan tempat pelaksanaan. (3) Pelaksanaan kegiatan, dalam tahap ini juga terdapat beberapa tahapan antara lain: (a) Persiapan secara menyeluruh, (b) Pelaksanaan tahap-tahap kegiatan, dalam pelaksanaan tahap-tahap pelaksanaan kegiatan terdapat beberapa langkah diantaranya: Tahap pembentukkan, Tahap Peralihan, Tahap inti kegiatan. (4) Evaluasi kegiatan, yaitu mengajak anggota kelompok untuk melakukan refleksi pengalaman terhadap kegiatan yang telah dilakukan. (5) Analisis dan tindak lanjut, yaitu guna mengetahui lebih lanjut seluk beluk kemajuan para peserta dan seluk beluk penyelenggaraan bimbingan kelompok. date: 2017-09-12 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Akhmad Ali Marzuqi, NIM.: 13220004 (2017) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUIAN DIRI SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52242/1/13220004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52242/2/13220004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf