eprintid: 5227 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/52/27 datestamp: 2013-09-25 08:49:58 lastmod: 2017-03-20 07:45:14 status_changed: 2012-05-04 16:47:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DWI PURNAMI - NIM. 06470022 , title: PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Kurikulum , Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana guru dalam pegembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom Klaten dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi pelakasana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom. Buku yang dijadikan pedoman utama dalam penelitian ini adalah 1) Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah 2) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, karangan Mulyasa, M. Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar di MAN Karanganom Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian intervieu, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, menggunakan analisa data kualitatatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ; 1) Guru PAI sudah cukup professional dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN karanganom Klaten, antara lain dalam mengembangkan silabus dan RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sudah memenuhi komponen-komponen yang terdapat pada Permenag No.2 Tahun 2008 tentang Standar Isi untuk penyusun silabus dan Permendiknas no 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk penyusunan RPP, meskipun guru-guru PAI tersebut belum memilikinya 2) Dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom Klaten, guru PAI menemukan beberapa kendala antara lain : jarangnya sumber belajar atau buku yang relevan dengan penyusunan silabus dan RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sekolah belum begitu banyak dalam memberikan sosialisasi mengenai penyusunan silabus maupun RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dalam penyusunan silabus yang berkaitan antara SK dan KD untuk mata pelajaran PAI di MAN ini , guru-guru PAI belum memiliki dan mengetahui Permenag No.2 Tahun 2008, tentang Standar Isi, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru PAI belum memiliki dan mengetahui Permendiknas No.41 Tahun 2007, tentang Standar proses. date: 2011-01-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-10 12:21:55 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dwipurnami-5007-1-dwipurn-h.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/101/digilib-uinsuka--dwipurnami-5007-1-dwipurn-h.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5574 ; nama file lama : DWI PURNAMI - NIM. 06470022 PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 945681 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: DWI PURNAMI - NIM. 06470022 , (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5227/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5227/2/BAB%20II%2CIII.pdf