@phdthesis{digilib52295, month = {June}, title = {INTERAKSI EDUKATIF NABI MUHAMMAD DALAM AYAT-AYAT YAS?ALUNAKA (Studi Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15530103 Rizky Adi Sanjaya}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Ali Imron, S.Th.I M.S.I.}, keywords = {interaksi, edukatif, Yas?alunaka}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52295/}, abstract = {Nabi Muhammad merupakan pendidik umat manusia. Tutur bahasa yang lembut, setiap permasalahan diselesaikan dengan tegas dan bijak serta kasih sayang terhadap keluarga hingga para sahabat. Salah satu ayat yang mencerminkan interaksi nabi Muhammad adalah pada ayat-ayat Yas?alunaka yang berarti mereka bertanya kepadamu (Muhammad). Sedikitnya ayat-ayat Yas?alunaka terulang sebanyak 15 kali yang tersebar di beberapa surat dalam al-Quran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan interaksi Nabi yang tercermin dalam ayat-ayat Yas?alunaka dalam al-Qur?an dan melakukan analisis penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat tersebut serta merelevansikannya dengan konteks kekinian. Terdapat beberapa cerminan interaksi edukatif dalam ayat-ayat Yas?al{\=u}naka. Pada surah al-Baqarah ayait 189 Quraish Shihab mengaitkannya dengan konteks pertanyaan yaitu agar bertanya tentang hal-hal yang bermanfaat dan dapat mudah dimengerti. Ayat ini mngeisyaratkan juga seorang guru harus memahami kemampuan murid. Penelitian ini menganalisis penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat Yas?al{\=u}naka dalam al-Qur?an. dapat diketahui hasil dari penelitian ini bahwa konsep interaksi edukatif Nabi Muhammad dalam ayat-ayat Yas?al{\=u}naka terdiri dari: 1) materi dan tujuan: pendidikan akidah, pendidikan syari?at dan pendidikan akhlak. 2) guru: memahami materi, mengenali murid dan kompetensinya, berprasangka baik kepada murid, tegas dan bijaksana, sabar dan ikhlas serta inisiatif. 3) murid: tekun, patuh, sopan dan santun serta menghormati guru. 4) metode: Metode yang paling menonjol dalam interaksi Nabi Muhammad pada ayat-ayat Yas?al{\=u}naka yaitu metode tanya jawab. Penggunaan metode tanya jawab bertujuan memotivasi murid untuk bertanya kepada guru dalam sebuah proses pembelajaran atau guru yang memberikan pertanyaan kepada muridnya.} }