eprintid: 52306 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/23/06 datestamp: 2022-07-27 07:03:39 lastmod: 2022-07-27 07:03:39 status_changed: 2022-07-27 07:03:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Luluk Tri Sumarjianto, NIM.: 10416009 title: PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI, Demonstrasi, Motivasi Belaja note: Pembimbing: H. Suwadi, M.Ag, M.Pd abstract: Kurangnya kesiapan guru dalam mengelola pembelajaran berakibat pada hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Guru menjadi kurang inovatif dan tidak kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah metode demonstrasi. Seharusnya, metode demonstrasi dapat menjadi salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode demonstrasi adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi demonstrasi yang edukatif. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran PAI dengan implementasi metode demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul, (2) untuk menggambarkan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul sebelum dan sesudah implementasi metode demonstrasi, dan (3) untuk membuktikan pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul. Pemilihan terhadap kelas yang menjadi sampel penelitian ini didasarkan pada motivasi belajar siswa yang masih kurang baik dalam pembelaaran PAI. Adapun kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan implementasi metode Demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul diawali dengan perencanaan, kemudian pelaksanaan, dan evaluasi. Pada saat perencanaan, guru melakukan penyusunan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya. Evaluasi terhadap pembelajaran PAI dengan implementasi metode Demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul dilakukan melalui metode tes dan non tes. Motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul sebelum dan sesudah implementasi metode Demonstrasi mengalami perubahan. Ada pengaruh metode Demonstrasi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul. date: 2015-01-06 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luluk Tri Sumarjianto, NIM.: 10416009 (2015) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52306/1/10416009%20File%201.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52306/2/10416009%20File%202.pdf