@phdthesis{digilib52308, month = {October}, title = {USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN IBADAH SHOLAT PADA SISWA KELAS III SD N 3 PANGGANG KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 SEMESTER II}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 12415338 Sri Amirah}, year = {2014}, note = {Pembimbing: Dr. Radino, M.Ag.}, keywords = {Usaha Guru, Ibadah, Sholat, Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52308/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah bahwa lemahnya pengetahuan tentang agama menyebabkan semakin banyaknya perilaku penyimpangan dilakukan bahkan didunia anak-anak. Perilaku menyimpang seperti kebiasaan menyelesaikan masalah dengan kekerasan, tidak amanah, berbohong untuk mendapatkan apa yang diinginkan kepada orang tua, guru, teman sebaya hal ini menghawatirkan kemudian sikap seperti ini menjadi suatu budaya yang bertentangan dengan ajaran Islam yang mengajarkan tentang kejujuran, kasih saying, amanah dan lain sebagainya, pendidikan agama sebagai wahana membentuk manusia yang agamis dengan menanamkan aqidah keimanan, amaliah dan budi pekerti atau akhlak yang terpuji untuk menjadimanuisa yang bertaqwa pada Allah SWT. Ibadah shalat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim. Shalat sebagai tiang agama menjadi sangat penting untuk mengendalikan diri dari perilaku yang bertentangan dengan agama. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan ibadah shalat sejak dini melalui pendidikan, guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan nilainilai kebaikan pada anak termasuk didalamnya upaya dalam meningkatkan ibadah shalat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil latar belakang SD N 3 Panggang Kabupaten Bantul. Subjek penelitian Kepala sekolah, guru PAI dan Peserta didik SD N 3 Panggang Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Karena objeknya tentang pendidikan, maka subjek yang digunakan adalah orang yang memiliki data dan informasi akurat tentang desain penelitian. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu : klasifikasi data, reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik penyimpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyakbanyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan ibadah shalat telah tertuang dalam kegiatan berupa KBM (indoor) yaitu kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan kegiatan (outdoor) berupa kegiatan peringatan hari besar (PHBI) seperti peringatan Isra?mi?raj nabi Muhammad SAW, rangkaian kegiatan Ramadhan, shalat dhuhur berjamaah dan pembiasaan shalat dhuha. Usaha guru dalam meningkatkan ibadah shalat pada siswa sudah cukup baik namun terdapat beberapa faktor pendudukung dan penghambat, namun demikian dengan adanya pembiasaan dan keteladanan yang baik maka anak akan terbiasa kemudian menjadi sebuah kesadaran dalam dirinya.} }