TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag, M.Si, ID - digilib52325 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52325/ A1 - Ifonilla Yenianti, NIM.: 20200011076 Y1 - 2022/05/30/ N2 - Perkembangan teknologi pada era library 4.0 menjadikan perpustakaan harus cepat beradaptasi dan mengembangkan layanannya agar dapat diakses secara luas dan tanpa batasan waktu dan ruang atau trend saat ini disebut dengan layanan daring (dalam jaringan). hal tersebut ditangkap oleh Perpustakaan UIN Walisongo sebagai tantangan dan juga ujuk kerja. Sampai dengan tahun 2022 ini, Perpustakaan UIN Walisongo Semarang telah membuat berbagai inovasi layanan daring perpustakaan diantaranya WhatsApp Bot, perpanjangan mandiri, locker online, booking room, dan Walisongo E-Library. Kerja keran pustakawan UIN Walisongo Semarang membuahkan hasil yaitu penghargaaan sebagai juara I ajang lomba Academic Library Innovation Award (ALIA) tahun 2021, FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait penelitian. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana semua pustakawan UIN Walisongo Semarang menjadi informan pada penelitian ini. Uji keabsahan data melalui tahapan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji comfirmability. Hasil penelitian ini berkontribusi menambah temuan penelitian terdahulu yaitu peran pustakawan sebagai content creator. Adapun peran pustakawan pada inovasi layanan daring di Perpustakaan UIN Walisongo Semarang yang ditemukan pada penelitian ini adalah sebagai (1) Inisiator: pustakawan menginisiasi inovasi layanan daring perpustakaan; (2) Konseptor: pustakawan membuat konsep roadmap program inovasi layanan daring perpustakaan; (3) Marketer: pustakawan memasarkan atau mempromosikan produk inovasi layanan daring perpustakaan; (4) Public relation: pustakawan menjalin relasi dan berjejaring dengan berbagai elemen sivitas akademika baik dalam maupun luar institusi dalam pengembangan inovasi layanan daring perpustakaan dan (5) Kordinator layanan: pustakawan menjadi penanggungjawab inovasi layanan daring perpustakaan. Strategi pustakawan dalam melakukan perannya pada inovasi layanan daring yaitu; (1) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pengembangan inovasi layanan daring dan media komunikasi elektronik (Website, media sosial Instagram dan Facebook, WhatsApp dan Short Message Service (SMS) Broadcash); (2) mensosialisasikan inovasi layanan daring perpustakaan melalui promosi tercetak seperti brosur, leaflet, banner, pengumuman dan melalui tradisi gethok tular / word of mouth (WOM). Adapun kendala pustakawan dalam melaksanakan perannya pada inovasi layanan daring di Perpustakaan UIN Walisongo Semarang yaitu kendala teknis dan non-teknis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pustakawan; librarians; library online services; college libraries M1 - masters TI - PERAN DAN STRATEGI PUSTAKAWAN PADA INOVASI LAYANAN DARING DI PERPUSTAKAAN UIN WALISONGO SEMARANG AV - restricted EP - 248 ER -