eprintid: 52344 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/23/44 datestamp: 2022-07-29 04:36:30 lastmod: 2022-07-29 04:36:30 status_changed: 2022-07-29 04:36:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Mushodiq Irfansyah, NIM.: 15410077 title: PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH ANGGOTA SATUAN KARYA PRAMUKA WANABAKTI DI CABANG SLEMAN ispublished: pub subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pimpinan saka; pramuka; pendidikan karakter; peduli lingkungan; akhlakul karimah note: Pembimbing: Dr. H. Suwadi, S.Ag.,M.Ag.,M.Pd. abstract: Pendidikan karakter (character education) adalah usaha sengaja atau (sadar) untuk mewujudkan kebajikan, yaitu kualitas kemanusiaan yang baik secara objektif, bukan hanya baik untuk individu perseorangan, tetapi juga baik untuk masyarakat secara keseluruhan. Seiring dengan berkembangnya peradaban umat manusia, alam tidak lagi nyaman untuk dihuni. Tanahnya menjadi gersang dan tandus. Permasalahan lingkungan semakin meningkat dan semakin komplek. Beberapa hal pokok yang menyebabkan timbulnya masalah lingkungan antara lain adalah tingginya tingkat pertumbuhan penduduk dan meningkatnya limbah pencemar. Salah satu kegiatan yang dapat membentuk karakter peserta didik adalah kegiatan Pramuka. Sebagai wahana pendidikan non formal, lebih pada pengembangan pola pikir, karakter dan tentunya eksplorasi bakat yang dapat ditemukan dan diasah di dalam kegiatan ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif, dengan aktivitas dalam analisis data yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan conclusion drawing. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan karakter adalah usaha sengaja untuk mewujudkan kebajikan, yaitu kualitas kemanusiaan yang baik secara objektif, bukan hanya baik untuk individu perseorangan, tetapi juga baik untuk masyarakat secara keseluruhan. 2) Pendidikan karakter peduli lingkungan dalam peningkatan akhlakul karimah dapat terwujud melalui metode pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Proses pendidikan yang dilakukan Saka Wanabakti Cabang Sleman saat ini yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pimpinan Saka dan Dewan Saka sebagai fasilitator sedangkan anggota Saka sebagai peserta didik yang ingin mengembangkan potensi diri. 3) Hasil pendidikan karakter peduli lingkungan dalam peningkatan akhlakul karimah mampu memfasilitasi peserta didik sebagai wadah ide-ide baik lisan dan tulisan, terutama di bidang kehutanan, strategi dan konteksnya pun sesuai dengan kehidupan anggota, maka tingkat kerja sama dan komunikasi lebih berkembang, keterampilan berfikir kritis dan komunikasi lebih meningkat. date: 2022-06-06 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mushodiq Irfansyah, NIM.: 15410077 (2022) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH ANGGOTA SATUAN KARYA PRAMUKA WANABAKTI DI CABANG SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52344/1/15410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52344/2/15410077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf