%0 Thesis %9 Skripsi %A Misbahul Munir, NIM.: 15420014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:52346 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K buku pelajaran; Bahasa Arab; sumber belajar %P 116 %T ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “CINTA BERBAHASA ARAB” JILID III KARYA HASIMI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52346/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku pelajaran bahasa Arab pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berjudul “Cinta berbahasa Arab” jilid III karya Hasimi. Mengenai kesesuaian bagi pelajar yang dasar atau non-Arab dan analisis kesesuaian buku teks bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” jilid III karya Hasim dengan kondisi sosial dan budaya negara Indonesia berdasarkan seleksi, gradasi, prsentasi dan repetisi sebagai buku ajar. Jenis penelitian ini menggunakan studi pustaka dan analisis data yang digunakan peneliti adalah analisi deskriptif terkait buku ajar tersebut. Adapun langkah-langkah yang digunakan adalah pertama, menggali informasi buku, kedua, menentukan teori sebagai pedoman analisis, ketiga, mengkomparasikan materi yang terdapat dalam buku ajar dengan teori yang digunakan, keempat, mengklasifikasikan data berdasarkan pada kriteria yang dituangkan dalam rumusan masalah dan kelima, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pelajaran bahasa Arab “Cinta berbahasa Arab” jilid III karya Hasimi bahwa buku ini memiliki karakteristik, bahasa Arab yang digunakan fusha yang mendahulukan siswa untuk memiliki pengetahuan yang lebih dan buku ini merupakan metode yg paling afdhol digunakan dalam belajar bahasa arab pagi pelajar Indonesia khususnya usia 6-11 tahun. Dalam segi seleksi buku ini baik dikarenakan kosa kata yang digunakan tidak terlalu rumit sehingga akan mudah dimengerti. Selanjutnya dari segi gradasi buku ini sudah sistematis dalam penyajian materi yaitu dari yang mudah hingga yang rumit dan pola penyajiannya konsisten. Kemudian dari segi presentasi buku ini memiliki prosedur dari differensial, ostensif, piktoral, hingga konteks. Dan dari segi repetisi buku ini dapat menimbulkan kecintaan terhadap bahasa Arab serta dapat merubah paradigma peserta didik yang negatif (mengenggap bahasa Arab sulit). Selain itu buku ini juga telah mencakup empat aspek dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu istima’, kalam, qiraah dan kitabah. %Z Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.,