%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Hidayat, NIM.: 15480025 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:52349 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K guru; kemandirian belajar; peserta didik %P 75 %T UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI AL MUHSIN II BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52349/ %X 19 peserta didik dalam proses belajarnya mendapatkan bantuan orang tua pada saat penugasan. Namun, ketika pembelajaran sudah dimulai seperti biasa dengan pertemuan langsung, peserta didik merasa tidak mampu mengerjakan tugas karena kurang kepercayan diri dalam menyelesaikan tugas tersebut. Hal tersebut menimbulkan permasalahan di dalam proses belajar sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan Upaya guru dalam mengembangkan kemandirian kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul dan mengetahui kendala dalam mengembangkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan upaya guru dalam menembangkan kemandirian kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul adalah: 1) melakukan pembiasaan aktivitas sehari-hari untuk mengembangkan kemandirian peserta didik, 2) mengenalkan rasa tanggung jawab kepada peserta didik, 3) memberikan penghargaan peserta didik bertujuan agar beperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, 4) memberikan motivasi kepada peserta didik supaya memiliki semangat untuk mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung, 5) mengembangkan proses belajar mengajar yang demokratis, 6) mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, 7) memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar madrasah, 8) wali kelas harus bias menerima kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki peserta didik, 9) wali kelas harus memiliki hubungan yang harmonis dengan peserta didik dan orang tua wali. Sedangkan kendala dalam mengembangkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul antara lain: 1) penurunan prestasi peserta didik dalam hasil belajar. %Z Pembimbing: Dr. Nur Hidayat M.Ag