@phdthesis{digilib52361, month = {April}, title = {ANALISIS PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM PERSPEKTIF RANAH TAKSONOMI BLOOM-REVISI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020045 Fadhel Izanul Akbar}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd. I}, keywords = {psikomotor; pembelajaaran; kaligrafi; pembelajaran kaligrafi; taksonomi;}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52361/}, abstract = {Pembelajaran kaligrafi adalah salah satu implementasi dari kemahiran menulis dalam bahasa Arab. Namun, pembelajaran kaligrafi bukan hanya sekedar seni keindahan tulisan Arab saja, di dalamnya terdapat aspek lain berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kaligrafi dari perspektif Taksonomi Bloom revisi dan mengetahui pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan belajar sesuai ranah pada Taksonomi Bloom revisi. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Sumber data berasal dari buku Silsilatu Ta?lim al-Khat al- ?Arabi Dalil al-Mu?allim karya Fauzi Salim Afifi yang diterjemahkan oleh Sirojuddin AR menjadi Cara Mengajar Kaligrafi Pedoman Guru, 40 artikel jurnal pendukung dan 8 skripsi yang masih relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dalam bentuk deskripsi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat tiga aspek terkandung dalam pembelajaran kaligrafi yaitu kognitif yang berhubungan dengan kecerdasan dan kemampuan berpikir, afektif yang kaitannya dengan kontrol emosi, sikap, perilaku dan karakter siswa, serta psikomotorik yang berhubungan keterampilan tangan dalam menulis kaligrafi, keluwesan gerakan tangan, dan keterampilan yang berkaitan dengan anggota gerak, terutama tangan. Kedua, pembelajaran kaligrafi dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sesuai dengan ranah Taksonomi Bloom revisi yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.} }