eprintid: 52362 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/23/62 datestamp: 2022-08-01 06:12:53 lastmod: 2022-08-01 06:12:53 status_changed: 2022-08-01 06:12:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Novi Khairini, NIM.: 17104030037 title: PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG ispublished: pub subjects: s_piaud subjects: ust_ divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: pendidikan seks; guru; anak note: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd. abstract: Banyak anak-anak belum mendapatkan pendidikan seks yang benar, utuh dan lengkap. Anak-anak justru mendapatkan informasi tentang seks dari teman sebaya, internet, dan majalah, padahal sumber informasi tersebut belum tentu benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Masalah kejahatan seksual yang menimpa anak-anak karena mereka tidak memiliki bekal pengetahuan yang bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan perlakuan buruk masalah seks. Oleh karena itu, pendidikan seks yang tepat untuk anak usia dini sangat perlu agar anak-anak mendapat bekal memadai. Pengenalan pendidikan seks di TK Qurrota A’yun desa Beluk masih minim, guru masih merasa risih dalam mengenalkan pendidikan seks, maka dari itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di TK Qurrota A’yun desa Beluk, Pemalang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun desa Beluk, sudah cukup baik, hal ini dapat diketahui melalui 1) peran guru sebagai pengajar, pendidik dan fasilitator. Guru mengajarkan mengenai organ tubuh dan fungsinya, mendidik anak dalam usaha pencapaian kedewasaan dan kemandirian anak serta memberikan fasilitas pendidikan seperti poster atau gambar untuk memudahkan pembelajaran. 2) faktor pendukung dalam mengenalkan pendidikan seks diantaranya adalah memanfaatkan adanya lagu dan poster tentang pendidikan seks, sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang masih merasa risih dalam mengenalkan pendidikan seks dan wali siswa yang tidak semuanya menerapkan pendidikan seks ketika di rumah. date: 2022-06-06 date_type: published pages: 116 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Novi Khairini, NIM.: 17104030037 (2022) PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52362/1/17104030037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52362/2/17104030037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf