%A NIM.: 16410022 Dyah Larasati %O Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A. %T PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA TUNARUNGU DI SMPLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian peserta didik. Tidak terkecuali juga bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Karena siswa berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan secara inklusif dan khusus. Salah satu nilai dalam PPK adalah religiusitas. Kemudian bagaimana penerapan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap religiusitas siswa tunarungu. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman, 2) Untuk menganalisis dampak penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap religiusitas siswa tunarungu di SMPLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari, guru pendamping PPK, 2 siswa tunarungu, wali kelas, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman dilaksanakan secara terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. PPK ini dilaksanakan lima hari dalam seminggu atau pada waktu sekolah. Kegiatan PPK yang terkait dengan religiusitas siswa meliputi, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca Al-Qur’an/Iqra sebelum belajar, hapalan atau membaca surat-surat pendek dan doa sehari-hari serta ceramah keagamaan (kerohanian). 2) Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berdampak positif terhadap religiusitas siswa tunarungu yaitu a) dimensi praktik agama siswa sudah terbiasa untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, b) dimensi pengetahuan siswa yang cukup baik, c) dimensi pengamalan/konsekuensi, siswa sudah terbiasa bersikap sopan, menolong dan menjaga kebersihan. %K SLB; pendidikan karakter; religiusitas; siswa tunarungu %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib52369