TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. M. Jamroh Latief, M.SI ID - digilib52397 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52397/ A1 - Upik Winarningsih, NIM.: 10470047 Y1 - 2014/05/20/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan hak setiap anak sekalipun anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kelainan khusus, salah satunya adalah anak tunagrahita, yaitu anak yang memiliki keterbatasan intelektual (berfikir). Sehingga masyarakat memandang sebelah mata keberadaan anak tunagrahita, akan tetapi amanat hak atas pendidikan bagi anak berkelainan di tetapkan dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ayat 32. Mengenai pendidikan khusus bagi anak yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Pendidikan formal merupakan salah satu usaha untuk mengembangkan kreatifitas anak tunagrahita karena keterbatasan kognitif mereka sehingga yang dimaksimalkan adalah sisi psikomotorik anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SLB N PembinaYogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi data yang terdiri atas triangulasi teknik, sumber data dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan: Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler musik di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, mengenai metode yang digunakan untuk melatih anak tunagrahita dengan keterbatasan tingkat kecerdasannya dalam memahami dan memainkan musik. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan contoh baru kemudian anak memperhatikan dan meniru. Setelah itu metode drill digunakan yaitu melatih anak dengan nada dan lagu yang sama secara berulang hingga anak tunagrahita mampu memainkan musik tanpa bantuan oleh guru. Kreativitas anak tunagrahita yang dikembangkan melalui ekstrakurikuler musik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan aspek psikomotorik anak guna memberdayakan potensi mereka. Beberapa kendala dalam latihan adalah tingkat kedisiplinan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sehingga ketika latihan ada beberapa anak tidak berangkat hal ini dapat menghambat keselarasan lagu dalam sebuah grup musik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kreativitas KW - Tunagrahita KW - dan Ekstrakurikuler M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 172 ER -