<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE)"^^ . "Hadirnya suatu karya sastra tentunya agar dinikmati oleh pembaca. Selain\r\nitu, karya sastra juga merupakan gambaran dari realita sejarah pada masa tertentu,\r\nsebagaimana cerpen “al-Iqab” yang terdapat dalam antologi cerpennya Musthafa\r\nLuthfi al-Manfaluthi, “al-Abarat”. Cerpen ini menceritakan tentang hukuman dan\r\nlatar belakang kesalahan yang dibuat para terdakwa (pembunuh, pencuri, dan\r\npezina). Pembunuh, misalnya, ia mendapat hukuman mati karena dia telah\r\nmembunuh seorang patih dengan sengaja. Dalam realita kehidupan, jarang\r\nditemukan seorang pemuda membunuh patih. Ini merupakan tanda awal sebagai\r\npintu untuk mengungkap tanda-tanda yang lain.\r\nUntuk mengungkap tanda-tanda dalam cerpen ini, peneliti menggunakan\r\nteori strukturalisme dan semiotiknya Peirce (ikon, indeks, dan simbol) dengan\r\nbatasan masalah sebagai berikut: a) apa saja unsur-unsur intrinsik yang terdapat\r\ndalam cerpen “al-Iqab”?. b) apa makna unsur-unsur tanda yang terdapat dalam\r\ncerpen “al-Iqab”?. Peneliti menggunakan teori strukturalisme untuk\r\nmemunculkan gambaran tanda-tanda yang masih tersembunyi. Gambaran ini\r\ndidapatkan dari tema, alur, tokoh, latar, dan sudut pandang. Kemudian peneliti\r\nmenyaring gambaran tersebut dengan menggunakan teori semiotik untuk\r\nmendapatkan tanda-tanda dalam cerpen ini. Ikon digunakan untuk menangkap\r\ntanda-tanda melalui persamaan tokoh dalam cerpen dengan tokoh dalam\r\nkehidupan nyata. Peneliti mendapatkan persamaan ini melalui sifat dan karakter\r\ndari kedua tokoh. Misalnya, sifat tokoh aku dengan tokoh nyata: penyendiri,\r\npandai, kritis, dan membela yang benar. Dengan cara ini, peneliti menetapkan\r\nenam tokoh dalam cerpen sebagai tanda ikonis. Adapun indeks digunakan peneliti\r\nuntuk memahami cara pengarang membuat cerpen. Hal ini dapat membantu\r\npeneliti untuk memperkuat adanya ikon. Misalnya, kalimat awal cerpen yang\r\nmengandung unsur imajinatif. Dari sini, peneliti menduga bahwa alasan\r\npengarang memaparkan cerita dengan gaya imajinatif yaitu, untuk meminimalisir\r\ndugaan negatif penguasa terhadap dirinya sebagaimana pernah dialami.\r\nSimbol digunakan peneliti untuk memperkuat tanda ikonis dan indeksikal.\r\nSebagaimana hipotesa yang mengatakan bahwa tanda ikonis dan indeksikal dalam\r\nsebuah teks cenderung beralih menjadi tanda simbolis. Tanda simbolis berbeda\r\ndengan tanda ikonis dan indeksikal. Di dalamnya tidak terdapat hubungan\r\nalamiah. Hubungan yang terdapat dalam simbol, tercipta melalui konvensi.\r\nDengan adanya konvensi inilah, peneliti mengambil teori sekunder untuk\r\nmelegitimasi konvensi tersebut sehingga didapatkan temuan: si aku menjadi\r\nsimbol Musthafa Luthfi al-Manfaluthi, raja menjadi simbol Abbas Pasya Hilmi,\r\nrakyat menjadi simbol rakyat Mesir, patih menjadi simbol Bathris Pasya Ghali,\r\npembunuh menjadi simbol Ibrahim al-Wirdani, peramal menjadi simbol Inkeltra.\r\nCerpen al-Iqab sendiri menjadi simbol kehidupan Mesir pada masa raja Abbas\r\nPasya Hilmi."^^ . "2014-06-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 09110101"^^ . "M. Alghiffary"^^ . "NIM.: 09110101 M. Alghiffary"^^ . . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Text)"^^ . . . . . "09110101-File 1.pdf"^^ . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Text)"^^ . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "QISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #52400 \n\nQISSAH \"AL IQAB\" AL QASIRAH LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTHI (DIRASAH BINA'IYYAH WA SIMA'IYYAH LI CARLES SANDERS PIERCE)\n\n" . "text/html" . . . "Novel - Sejarah" . .