<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH"^^ . "Jika melihat pada kasus al-Qur’an in live, bukan semata yang\r\nteraktualisasikan dalam aksi ragawi tetapi juga berupa pikiran, karya atau ekspresi\r\napapun yang terinspirasi dari al-Qur’an dan diresepsi dengan berbagai macam\r\nbentuk. Ya>si>n Fad}i>lah termasuk bagaimana al-Qur’an diresepsi yang menarik\r\ndiekplorasi hazanah keunikan didalamnya. Keunikan itu seperti muatan bacaan\r\ntidak sama dengan Ya>si>n yang biasa dibaca dalam mus}h}af. Didalam sudah\r\ndimodifikasi dengan berbagai doa. Setiap doa dibaca setelah beberapa ayat dari\r\nSurat Ya>si>n dibaca. Jika dilihat dari komentar masyarakat tentang Ya>si>n Fad}i>lah,\r\nada jawaban yang keluar dari kapasitasnya sebagai teks. Ada hal menggelitik yang\r\nperlu diungkap apakah ada dasarnya secara normatif yang melarang atau\r\nmembolehkan pembacaan suatu ayat yang dicampur dengan doa. tetapi bagaimana\r\njika Ya>si>n Fad}i>lah diriwayatkan Nabi saw. Jika dilihat pada aspek psikis orang\r\nyang membaca Ya>si>n Fad}i>lah terbangun wacana sebagai efek yang diyakini dari\r\npengaruh Ya>si>n Fad}i>lah hingga tercipta sugesti dan pemaknaan tertentu.\r\nMengingat ada kemiripan bahkan kesamaan teks ayat dengan doa dalam Ya>si>n\r\nFad}i>lah akan semakin menarik untuk dikupas apakah hal itu berimplikasi pada\r\nkesamaan makna dan maksud jika ditinjau dari konteks pragmatik, lebih-lebih jika\r\nditengok bagaimana dalam perspektif wacana budaya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersumber pada kitab\r\nAbwa>b al-Faraj karya Sayyid Muh}ammad Alwi> al-Ma>liki> al-H{asani> dan\r\nbersumber pada informasi dari pengamal Ya>si>n Fad}i>lah sebagai data primer serta\r\nbeberapa kitab, buku yang terkait dengan materi penelitian sebagai sumber data\r\nsekunder. Penelitian ini selain didasarkan pada kajian pustaka (library research)\r\njuga pada kajian lapangan. Metode yang digunakan yakni dengan wawancara,\r\nobservasi dan analisis data. Analisa dilakukan dengan langkah mendata catatan\r\nyang terkait dengan Ya>si>n Fad}i>lah, membuat catatan reflektif ketika penelitian\r\nberlangsung, membuat catatan objektif-deskriptif tentang data yang diperoleh dari\r\njawaban responden dan membuat catatan marginal dan penyimpanan data.\r\nAnalisis kontekstual dalam perspektif ilmu pragmatik mewarnai dalam proses\r\npengolahan data yang tidak hanya berdasarkan pada data pustaka ansich, tapi juga\r\ndidasarkan pada resepsi sosial terhadap al-Qur’an, yakni bagaimana respon\r\nmasyarakat terhadap Ya>si>n Fad}i>lah hingga membentuk budaya dan pemaknaan\r\ntertentu.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa Ya>si>n Fad}i>lah dari sisi pragmatik\r\nantara Surat Ya>si>n dan doa yang ada dalam Ya>si>n Fad}i>lah tidak sama maksudnya\r\nkarena berbeda konteks penutur, konteks lawan tutur, konteks topik dan konteks\r\nlatar peristiwa. Surat Ya>si>n penuturnya Allah, lawan tuturnya Nabi\r\nMuhamammad, topik pembicaraan tentang keesaan Allah, risalah ke-Nabi-an,\r\nhari kebangkitan dan ganjaran-ganjaran ukhrawi dan dengan latar peristiwa\r\nasbabun nuzul Surat Ya>si>n. Sedangkan dalam doa, penutur adalah pengarang dan\r\npembaca Ya>si>n Fad}i>lah, lawan tutur Allah, topik pembicaraan permohonan\r\ntentang beberapa hal. Dengan demikian, meski kata dalam doa seakan sama\r\nmaksudnya karena diambil dari akar kata yang sama dengan salah satu ayat atau\r\nbahkan menyadur dari ayat, namun antara ayat dan doa memiliki maksud yangberbeda karena perbedaan konteks pragmatik. Secara umum, dalam Surat Ya>si>n\r\ndengan tindak lokusi, ilokusi dan perlukusi sekaligus, namun daya perlokusi yang\r\npaling dominan. Sedangkan dalam doa daya ilokusi yang paling dominan.\r\nNamun dari sisi analisis wacana budaya, Ya>si>n Fad}i>lah merupakan\r\nfenomena ekspresi keberagamaan hingga membentuk tradisi dan budaya\r\nmengamalkan surat Ya>si>n Fad}i>lah yang dibaca secara bersama-sama dalam\r\nsebuah komunitas tertentu ataupun perseorangan. Dengan begitu Ya>si>n Fad}i>lah\r\nbegitu kuat memproduksi suatu kebudayaan, yakni budaya membaca dengan\r\nsugesti dan pemaknaan tertentu yang melibatkan diri dalam sistem peribadatan\r\nyang bersifat spesifik (khas) bagi masyarakat. Ya>si>n Fad}i>lah pada gilirannya\r\nmembentuk sebuah wacana dan pemaknaan terkait dengan bagaimana Ya>si>n\r\nFad}i>lah dinilai, dipandang, dipahami dan diekspresikan sebagai amalan oleh\r\npengarang dan pengamal Ya>si>n Fad}i>lah dan terkait dengan asumsi, resepsi dan\r\nefek atau bahkan motivasi dari pembacaan Ya>si>n Fad}i>lah. Wacana yang\r\nberkembang di masyarakat, Ya>si>n Fad}i>lah sebagai senjata bagi diri sendiri dikala\r\nada yang mau berniat jahat, doa ketika mempunyai hajat, memperlancar rizki,\r\nmemudahkan saat sakaratul maut dan niat utamanya mendekatkan diri kepada\r\nAllah."^^ . "2014" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08213678"^^ . "Imro’atul Mufidah, S.Th.I."^^ . "NIM.: 08213678 Imro’atul Mufidah, S.Th.I."^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Text)"^^ . . . . . "08213567 - File 1.pdf"^^ . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #52406 \n\nANALISIS WACANA PRAGMATIK TERHADAP YASIN FADILAH\n\n" . "text/html" . . . "Qur'an Hadis" . .