@phdthesis{digilib52411, month = {August}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT 2007 TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MIN JEJERAN TAHUN AJARAN 2012/2013}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08480016 Ana Ibatul Khoiriyah}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Sigit Prasetiyo, M.Pd.Si.}, keywords = {Media Pendidikan, Microsoft Power Point 2007, Hasil Belajar IPA}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52411/}, abstract = {Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cabang pengetahuan yang berawal dari fenomena alam. IPA didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan tentang objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Microsoft power point 2007 terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN Jejeran tahun ajaran 2012/2013. Dengan penelitian ini guru dan siswa dapat memperoleh pengetahuan baru berkaitan dengan penggunaan teknologi media elektronik yang mendukung pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimenyang dianalisis secara inferensial, yaitu untuk mengambil kesimpulan dangan pengujian hipotesis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA-VB MIN Jejeran dengan jumlah populasi 52 siswasebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa nilai pretest dan postest. Validitas instrumenmenggunakan validitas teori empiris, sedangkan untuk mengukur reliabilitasnya menggunakan alphacronbach dengan {\ensuremath{\alpha}} ? 0,70. Teknik analisa data menggunakan uji prasyarat normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji beda (t test) sebelumnya dengan hasil berupa uji normalitas, diperoleh hasil0.081 lebih dari 0.05dan 0.074 lebih dari 0.05karenapopulasiberdistribusi normal, dan uji homogenitas, diperoleh hasil0.115 lebih dari 0.05 karenapopulasi bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Microsoft power point 2007 berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa, ditunjukkan oleh adanyaperbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan media microsoft power point 2007 dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran tanpa media microsoft power point 2007. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000kurang dari 0.05siswa yang melaksanakan pembelajaran mengunakan media microsoft power point 2007 hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang melaksanakan pembelajaran eksperimen sebesar 14.24,sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 13.33.} }