%0 Thesis %9 Skripsi %A Miftahuddin, NIM.: 09420004 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:52412 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pendidikan, Seni Kaligrafi %P 139 %T PENGGUNAAN MEDIA SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH SISWA KELAS X2 MAN SABDODADI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52412/ %X Latar belakang masalah penelitian disebabkan oleh rendahnya keterampilan menulis (mahāratul kitābah) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Seharusnya siswa yang belajar di madrasah lebih menguasai keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab daripada siswa yang belajar di sekolah umum. Namun kenyataannya siswa yang ada di madrasahpun belum tentu lebih menguasai keterampilan menulis daripada siswa yang lain. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian yang berhubungan dengan keterampilan menulis siswa agar menjadi kenyataan seperti yang diinginkan. Yang menjadi permasalahan ialah: Bagaimana prosedur menggunakan media seni kaligrafi dan bagaimana hasil dari penggunaan media seni kaligrafi dalam meningkatkan mahāratul kitābah siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pembelajaran bahasa Arab khususnya mahāratul kitābah siswa dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan mahāratul kitābah siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research, dengan mengambil latar siswa kelas X2 MAN Sabdoodadi Bantul tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, pre test dan post test serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prosedur atau langkah-langkah menggunakan media tersebut adalah sebelumnya peneliti membuat lembar panduan khaṭ naskhi sebagai pedoman bagi siswa dalam menulis huruf Arab. Kemudian dalam prakteknya peneliti menjelaskan lembar panduan tersebut sambil memberikan contoh di papan tulis. 2) Hasil dari penggunaan media seni kaligrafi ini adalah adanya peningkatan kemahiran menulis (mahāratul kitābah) yang berbasis seni dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, kondisi kelas juga semakin baik dengan adanya keberanian siswa untuk menampilkan karya tulisnya yang di tempel di dinding kelas sebagai bentuk usaha siswa menghias kelas. %Z Pembimbing: Drs. Asrori Saud, M.SI