TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Asrori Saud, M.SI ID - digilib52412 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52412/ A1 - Miftahuddin, NIM.: 09420004 Y1 - 2013/07/22/ N2 - Latar belakang masalah penelitian disebabkan oleh rendahnya keterampilan menulis (mah?ratul kit?bah) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Seharusnya siswa yang belajar di madrasah lebih menguasai keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab daripada siswa yang belajar di sekolah umum. Namun kenyataannya siswa yang ada di madrasahpun belum tentu lebih menguasai keterampilan menulis daripada siswa yang lain. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian yang berhubungan dengan keterampilan menulis siswa agar menjadi kenyataan seperti yang diinginkan. Yang menjadi permasalahan ialah: Bagaimana prosedur menggunakan media seni kaligrafi dan bagaimana hasil dari penggunaan media seni kaligrafi dalam meningkatkan mah?ratul kit?bah siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pembelajaran bahasa Arab khususnya mah?ratul kit?bah siswa dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan mah?ratul kit?bah siswa kelas X2 MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research, dengan mengambil latar siswa kelas X2 MAN Sabdoodadi Bantul tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, pre test dan post test serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prosedur atau langkah-langkah menggunakan media tersebut adalah sebelumnya peneliti membuat lembar panduan kha? naskhi sebagai pedoman bagi siswa dalam menulis huruf Arab. Kemudian dalam prakteknya peneliti menjelaskan lembar panduan tersebut sambil memberikan contoh di papan tulis. 2) Hasil dari penggunaan media seni kaligrafi ini adalah adanya peningkatan kemahiran menulis (mah?ratul kit?bah) yang berbasis seni dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, kondisi kelas juga semakin baik dengan adanya keberanian siswa untuk menampilkan karya tulisnya yang di tempel di dinding kelas sebagai bentuk usaha siswa menghias kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Media Pendidikan KW - Seni Kaligrafi M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MEDIA SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH SISWA KELAS X2 MAN SABDODADI BANTUL AV - restricted EP - 139 ER -