%A NIM.: 09220057 Amelia Nurbaiti Saputri %O Pembimbing: Dr Nurul Hak. M, Hum. %T BIMBINGAN KREATIVITAS ANAK DALAM BERMAIN BALOK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA %X Pada penelitian ini akan menjawab dua masalah yakni pertama, bagaimana bimbingan bermain balok di TK Plus Islam Mutiara dapat menimbulkan kreativitas anak? Kedua, apa saja yang menjadi faktor keberhasilan anak dalam bermain balok di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta? Penelitian ini jika dilihat dari jenisnya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan dari sifatnya adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan informasi tentang penelitian ini, peneliti menggunakan langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing), dan refleksi (reflecting). Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kreativitas anak dalam bermain balok dapat berkembang dengan ditunjukan hasil peningkatan kreativitas siswa, yakni dari jumlah siswa 19 orang menunjukan hasil pada Siklus I dan II dengan skenario perbaikan Rencana Kegiatan Harian (RKH) 1 sampai 10. Berdasarkan pada penelitian ini, analisis tersebut pada siklus II RKH 10 telah mencapai standar minimal dari 70 %, yakni mencapai 89,5 % anak dapat mengerjakan dengan benar dan mampu berkreasi lebih. Pada proses evaluasi yang dilakukan guru dalam proses bimbingan untuk meningkatkan kreativitas anak berhasil dicapai dengan berdasarkan pada indikator yang ditinjau dari rumusan teori. Hasil dari indikator tersebut dilaksanakan dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh anak, anak dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, anak dapat meningkatkan kemampuan mengelola gerakan tubuh dan koordinasi dengan teman, dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya. %K Bimbingan Pembelajaran, Kreativitas Anak, Bermain Balok %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib52436