TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag. ID - digilib5246 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5246/ A1 - AHMAD RIDOLWI - NIM. 06410060 , Y1 - 2011/01/13/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam memiliki tujuan membentuk manusia taqwa dan berakhlak mulia. Namun realitasnya karakter manusia yang beriman dan berakhlak mulia terus-menerus mengalami degradasi, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Disamping itu banyaknya berbagai penafsiran mengenai pendidikan Islam menjadikannya semakin rancu dan cenderung semakin dipersempit baik pemaknaannya maupun wilayah materialnya. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek kajian novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan konsep library research, yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai literatur yang sudah ada, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pragmatik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam novel Sang Pemimpi yang dijadikan sebagai obyek penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan Islam. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pemimpi tidak disampaikan secara langsung, akan tetapi tercermin dalam setiap adegan dan kisah di dalamnya, sehingga novel tersebut tidak terkesan menggurui. Cara pengungkapannya yang sekilas memancing pembaca untuk berpikir lebih dalam lagi untuk menggali makna didalamnya. Mungkin ini adalah salah satu akibat corak pemikiran Andrea yang mencirikan pemikiran progresif. 3) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pemimpi diantaranya, pendidikan agama Islam yang meliputi pendidikan keimanan, syari'ah/ibadah, dan akhlak, serta ilmu pengetahuan umum yang meliputi menuntut ilmu, pendidikan sejarah, dan pendidikan ilmu pengetahuan alam. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Andrea Hirata KW - Novel Sang pemimpi M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -