%0 Thesis %9 Skripsi %A AGUS MULYANI - NIM. 04410827 , %B Fakultas Tarbiyah %D 2011 %F digilib:5247 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K al Qur'an , Baca Tulis %T UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL- QUR’AN SISWA SD MUHAMMADIYAH GENDENG BACIRO YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5247/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang usaha yang dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa-siswi SD Muhammadiyah Gendeng. Kemudian skripsi ini akan menganalisis perkembangan dan prose pembelajaran Al-Qur'an (TPA), juga dalam skripsi ini tersajikan faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap upaya yang telah dilakukan dilakukan, sehingga nantinya akan ditawarkan sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam upaya yang dlakukan oleh Sekolah ini dan cara upaya baru yang bisa ditawarkan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research)yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar Pembelajaran Al-Qur'an (TPA) SD Muhammadiyah Gendeng, Baciro Yogyakarta. Karena penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan pedagogis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1). Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di SD Muhammadiyah Gendeng ini melalui berbagai kebijakan seperti melalui pembelajaran Al-Qur'an, Membentuk ekstakulikuler Qiro'at atau seni baca Al-Qur'an, Menganjurkan semua pengajar Al-Qur'an (TPA) untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan penguasaan Al-Qur'an, mengadakan kerjasama dengan takmir Masjid Jami' Al-Falah untuk mengadakan TPA pada sore hari. 2). Proses pelaksanaan upaya peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di SD Muhammadiah Gendeng sudah terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari proses pembelajaran Al-Qur'an di SD Muhammadiyah Gendeng ini dilaksanakan setiap hari dengan lima orang guru pembimbing dan untuk kurikulumnya mengadopsi dari BADKO TPA Kota Yogyakarta. Adapun metode yang sering digunakan adalah metode Privat atau sorogan, sedangkan kegiatan ekstakulikuler Qiro'at atau seni baca Al-Qur'an dilaksanakan setiap hari Rabu yang diampu oleh bapak Asyropudin, program ini diperuntukan untuk kelas IV, V dan VI dan dapat berjalan dengan baik hingga sekarang. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan upaya peningkatan baca tulis Al-Qur'an siswa di SD Muhammadiyah Gendeng ada dua faktor. Yang pertama adalah faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa) yakni minat dan motivasi siswa serta kebiasaan siswa dalam membaca Al-Qur'an yang beragam. Yang kedua yaitu faktor faktor eksternal (yang berasal dari luar diri siswa) yakni kemampuan dan jumlah pengajar, pengaruh orang tua terhadap , serta lingkungan masyarakat yang kurang mendukung siswa untuk mengembangkan potensinya agar memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. %Z Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si.