TY  - THES
N1  - Pembimbing: Drs. Moch Fuad, M. Pd.
ID  - digilib52488
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52488/
A1  - Tri Rahayu, NIM.: 18104010012
Y1  - 2022/06/06/
N2  - Latar belakang
penelitian ini adalah ber kembangnya teknologi yang
kemudian menghadirkan berbagai aplikasi marik seperti halnya game online. game
online merupakan game yang sangat digemari di seluruh dunia. Berdasarkan data
statistik pengguna game online di Indonesia mencapai 50,8 juta di tahun 2 020.
Dalam beberapa penelitan mengatakan bahwa pengguna game online kebanyakan
usia remaja. Adapun dampak yang timbul akibat bermain game online dengan
frekuensi yang cukup lama yaitu anak akan mudah emosional sehingga anak akan
berperilaku agresif, sepert i memukul, menendang, berkata kotor, mudah
tersinggung, dan lain lain. Tujuan dilakukan penelitian ini, untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh intensitas bermain game online terhadap akhlak madzmumah
siswa di SMP Negeri 1 Semin Kabupaten Gunungkidul.
Jenis p
enelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, deng an a nalisis
data yang digunakan yaitu statistika dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Populasi yang
diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Semin , dengan
teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah teknik simple rendom sempling.
Karena terdapat 225 siswa yang bermain game online maka jumlah tersebut yang
memenuhi syarat menjadi sempel, dan di ambil sebesar 20% maka d i dapatkan 45
siswa yang menjad sempel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
sederhana.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh
intensitas bermain
game online terhadap akhlak madzmumah , hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi
linier sederhana yaitu nilai F hitung adalah 13.233 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,001 < 0,05. Dan besar pengaruh penggunaan game online terhadap
akhlak madzmumah sebesar 23,5%. Uji hipotesis juga menunjuk k an bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan intensitas bermain game online terhadap akhlak
madzmumah Siswa di SMP Negeri 1 Semin Kabupaten Gunungkidul
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - game online; akhlak madzmumah
M1  - skripsi
TI  - PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP
AKHLAK MADZMUMAH SISWA DI SMP N EGERI 1 SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
AV  - restricted
EP  - 121
ER  -