%A NIM.: 18106070014 Chaerul Hidayah %O Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd %T PENGARUH BUZZ GROUP BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA %X Termokimia dianggap sulit karena bersifat abstrak, pada materi ini peserta didik dituntut untuk bisa mengaplikasikan persamaan matematis dalam suatu perhitungan, ditambah penggunaan metode ceramah membuat peserta didik kurang aktif dan bosan belajar, sehingga mendapat hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi pengajaran yang tepat, agar pembelajaran menjadi efektif dan lebih optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buzz group berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termokimia Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain quasi-eksperimen berbentuk pretest-posttest control group, penelitian dilaksanakan di MA Minhajut Tholabah, Purbalingga. Teknik sampling yang dipilih adalah sampling jenuh, dengan sampel kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 anak, dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 anak, Instrumen penelitiannya menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji mann-whitney, untuk angket menggunakan persentase. Berdasarkan hasil uji mann-whitney diperoleh nilai signifikasinya 0.03, nilai tersebut < 0.05, dan rata-rata hasil angket respon peserta didik 77%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode buzz group berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termokimia, hasil angket respon mengindikasikan peserta didik tertarik menggunakan metode tersebut. %K hasil belajar; kognitif; blended learning; termokimia; pembelajaran kimia %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib52499