%0 Book Section %A Fina Fauziyah, - %A Yani Tri Wijayanti, - %B Tantangan Komunikasi Global %C Jakarta %D 2016 %F digilib:52503 %I Mercubuana %K Jateng Gayeng; Brand Identity, Jawa Tengah %P 225-239 %T Jateng Gayeng Sebagai Brand Identity Provinsi Jawa Tengah %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52503/ %X Brand Identity salah satu aspek dalam brand management, dan dapat digunakan dalam membuat branding suatu daerah. Dalam tulisan ini, menggambarkan branding "Jateng Gayong" brand iden tity dari Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan brand identity prism yang dikemukakan oleh Kapferer, yang meliputi enam unsur di dalamnya yaitu psycique, personality, culture, relationship, reflec tion dan self-image. Penelitian ini menggunakan kualitatif metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan sejumlah informan yang terkait dengan branding Jateng Gayeng. Hasilnya, analisis dari brand identity prism dan Kapferer, menunjukkan bahwa branding "Jateng Gayeng" dapat dijadikan identitas Jawa Tengah yang menggambarkan masyarakatnya yang ramah, semarak, meny enangkan, mengembirakan, gotong royong, dan tentunya ini mem berikan citra positif Jawa Tengah di mata wisatawan dan juga inves tor. Sehingga Jateng Gayeng merupakan brand Jawa Tengah yang harus diperkenalkan ke masyarakat, wisatawan dan juga investor.