@phdthesis{digilib52521, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104080007 Eriska Witantri Budiarti}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Sigit Prasetyo, S. Pd. I., M. Pd. Si}, keywords = {peserta didik; e-Modul; pembelajaran IPA; ekosistem}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52521/}, abstract = {Perkembangan IPTEK membuat dunia pendidikan mengalami revolusi. Contohnya adalah sumber belajar yang dapat disajikan dalam bentuk elektronik. E-Modul materi ekosistem dibuat karena materi tersebut dekat dengan peserta didik sehingga memungkinan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? (2) Bagaimana penilaian dari praktisi pendidikan dan respon peserta didik terhadap E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model penelitian dari Thiagarajan yaitu model 4D dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) Tahap pendefinisian: menganalisis KI dan KD kurikulum 2013, analisis angket yang diisi oleh guru dari berbagai daerah, dan masalah di lapangan. (2) Tahap perencanaan: menyusun garis besar E-Modul, menyusun kerangka E-Modul, menyusun isi E-Modul, mempersiapkan alat dan bahan, dan menyusun instrumen penelitian. (3) Tahap pengembangan: validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan dan peserta didik. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli materi pada tahap pertama mendapatkan rata-rata nilai 3,80 dan masuk ke dalam kategori ?Baik?. Setelah dilakukan revisi dan dilakukan penilaian pada tahap ke 2 mendapatkan rata-rata nilai 4,28 dan masuk ke dalam kategori ?Sangat Baik?. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli media mendapatkan rata-rata nilai 4,05 dan masuk ke dalam kategori ?Baik?. Dengan demikian E-Modul ini dinyatakan memiliki kualitas dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan peserta didik di kelas V MI/ SD. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan memperoleh rata-rata nilai sebesar 4,40 dan 4,52 dengan kategori. ?Sangat Baik?. Respon peserta didik mendapatkan rata-rata nilai sebesar 4,74 masuk ke dalam kategori ?Sangat Baik?.} }