eprintid: 52521 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/25/21 datestamp: 2022-08-15 08:25:00 lastmod: 2022-08-15 08:25:00 status_changed: 2022-08-15 08:25:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Eriska Witantri Budiarti, NIM.: 18104080007 title: PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: peserta didik; e-Modul; pembelajaran IPA; ekosistem note: Pembimbing: Sigit Prasetyo, S. Pd. I., M. Pd. Si abstract: Perkembangan IPTEK membuat dunia pendidikan mengalami revolusi. Contohnya adalah sumber belajar yang dapat disajikan dalam bentuk elektronik. E-Modul materi ekosistem dibuat karena materi tersebut dekat dengan peserta didik sehingga memungkinan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? (2) Bagaimana penilaian dari praktisi pendidikan dan respon peserta didik terhadap E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model penelitian dari Thiagarajan yaitu model 4D dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) Tahap pendefinisian: menganalisis KI dan KD kurikulum 2013, analisis angket yang diisi oleh guru dari berbagai daerah, dan masalah di lapangan. (2) Tahap perencanaan: menyusun garis besar E-Modul, menyusun kerangka E-Modul, menyusun isi E-Modul, mempersiapkan alat dan bahan, dan menyusun instrumen penelitian. (3) Tahap pengembangan: validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan dan peserta didik. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli materi pada tahap pertama mendapatkan rata-rata nilai 3,80 dan masuk ke dalam kategori “Baik”. Setelah dilakukan revisi dan dilakukan penilaian pada tahap ke 2 mendapatkan rata-rata nilai 4,28 dan masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli media mendapatkan rata-rata nilai 4,05 dan masuk ke dalam kategori “Baik”. Dengan demikian E-Modul ini dinyatakan memiliki kualitas dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan peserta didik di kelas V MI/ SD. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan memperoleh rata-rata nilai sebesar 4,40 dan 4,52 dengan kategori. “Sangat Baik”. Respon peserta didik mendapatkan rata-rata nilai sebesar 4,74 masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. date: 2022-05-24 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eriska Witantri Budiarti, NIM.: 18104080007 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52521/1/18104080007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52521/2/18104080007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf