%A NIM.: 18106070019 Anisa Rahmawati %O Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd. %T PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X %X Materi larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan materi kimia yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran agar materi menjadi konkret sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa serta menghindari miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video motion graphic pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapatkan persentase 91,25% dengan kategori Sangat Baik (SB). Selain itu, hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa video motion graphic dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan minat belajar siswa. %K minat belajar; media pembelajaran; motion graphic; larutan elektrolit dan non elektrolit. %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib52523