%0 Thesis %9 Masters %A Susanti, NIM.: 19204020021 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:52535 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K e-modul; pembelajaran abad 21; pembelajaran bahasa; Higher Order Thinking Skill (HOTS) %P 163 %T PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAR 46 PATI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52535/ %X Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah bahan ajar guru masih terbatas buku paket bahasa Arab, pembelajaran belum berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS), dan waktu pembelajaran yang terbatas. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengembangkan E-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai sebuah inovasi pemanfaatan teknologi dan salah satu upaya penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan E-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS); (2) Mengetahui hasil validasi ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Arab terhadap E-modul yang dikembangkan; (3) Mengetahui efektivitas E-modul berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran bahasa Arab; serta (4) Mengetahui keunggulan dan kelemahan pembelajaran bahasa Arab menggunakan E-modul berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D), yang dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar 46 Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan E-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) mengacu pada model pengembangan 4D. Pengembangan dilakukan melalui 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate; (2) Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Arab terhadap E-modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 4,60 dari total keseluruhan validator dengan persentase 92,03 % menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan memiliki kategori sangat baik; (3) Hasil analisis melalui uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima. Maka peneliti menyimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan (treatment) dengan penerapan E-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS); (4) Keunggulan pembelajaran bahasa Arab menggunakan E-modul berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) diantaranya: kemudahan akses E-modul melalui berbagai perangkat, dimanapun dan kapanpun sejauh terdapat koneksi internet; menumbuhkan sikap disiplin, kemampuan berpikir kritis, kreatifitas, kemampuan bekerjasama, dan rasa percaya diri siswa; serta penyajian E-modul lebih interaktif dan dinamis. Selain itu terdapat beberapa kelemahan yaitu: dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengembangan E-modul; belum terdapat ruang diskusi dua arah secara langsung dalam E-modul; serta membutuhkan ketekunan dan keuletan guru sebagai fasilitator untuk terus menerus memantau proses belajar, memberi dukungan dan motivasi kepada siswa. %Z Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.