%0 Thesis %9 Skripsi %A Ernawati, NIM. 00120029 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2004 %F digilib:52539 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modernisasi Pendidikan, Pesantren Salafiyah, Seblak Jombang %P 93 %T MODERNISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PESANTREN SALAF (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang Jawa Timur 1995-2003 M) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52539/ %X 1. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak rnelakukan rnodernisasi pendidikan karena rnelihat sistern salaf yang sudah tidak relevan lagi bagi santri yang hidup pada abad XX dan XXI, di rnana pada masa ini sernua paralatan serba rnaju dan canggih. Apabila tidak rnenyesuaikan dengan cara-cara tcrsebut rnaka akan ketinggalan zarnan. 2. Strategi yang dilaksanakan yaitu dengan rnerornbak atau rnernperbaharui sernua elernen yang berhubungan dengan pendidikan yaitu rneliputi kurikulurn, rnetodelogi, serta kelernbagaan. 3. Dengan adanya rnodernisasi pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak pasti rnempunyai akibat baik posif maupun negatif. Darnpak positifnya adalah santri mendapatkan ilmu urnum dan ilrnu agama, sehingga santri tersebut rnengetahui perkembangan dan informasi teknologi yang ada di dunia serta tidak pula ketinggalan ilmu agamanya. Adapun pengaruh modernisasi pen