%0 Thesis %9 Skripsi %A Rifa Faizatun Nufus, NIM.: 18104020022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:52557 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K metode hafalan; metode mahfudhot; penguasaan Qawaid Shorfiyyah; pembelajaran bahasa Arab %P 125 %T EFEKTIVITAS METODE HAFALAN AMTSILAH-TASRIFIYAH TERHADAP PENGUASAAN AL-QAWĀ’ID ASH-SHORFIYAH SANTRI KELAS IBTIDA 2 PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUSTHA GUNUNG KONDANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52557/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hafalan kitab Amtsilah Tasrifiyyah penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah dan Efektivitas Metode Hafalan Amtsilah Tasrifiyyah terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al ‘Urwatul Wustha Gunung Kondang Tasikmalaya. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan penguasaan Sharaf khususnya santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan Eksperimental Research yang datanya bersifat perbandingan. Analisis datanya menggunakan uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas. Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya rata-rata santri Ibtida Putri sebelum diterapkan metode hafalan sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata santri Ibtida Putra sebelum diberi perlakuan sebesar 64. Adapun rata rata santri Ibtida Putri setelah diterapkan metode hafalan sebesar 84, sedangkan nilai rata-rata santri Ibtida Putra setelah diberi perlakuan sebesar 68. Dari hasil analisi uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000. Artinya, metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah berpengaruh terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas eksperimen. Dan dari hasil N-Gain kelas Ibtda 2 Putri sebesar 9 sedangkan kelas Ibtida Putra sebesar 5. Bahawasanya, kelas yang diberikan metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah berpengaruh terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang. %Z Pembmbing: Dr. H. Maksudin M.Ag.