@phdthesis{digilib52601, month = {April}, title = {METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENANGANAN LEARNING LOSS DI DUSUN MENDANG, DESA NGESTIREJO, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104080013 Audrey Shafia Dwinandita}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.,Si}, keywords = {pendampingan belajar; learning loss; metode pembelajaran; sekolah dasar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52601/}, abstract = {Proses belajar saat ini dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring. Perubahan besar-besaran tidak diimbangi dengan penyesuaian, sehingga banyak peserta didik, khususnya yang berusia sekolah dasar, menemui masalah ketika belajar. Kesulitan-kesulitan belajar ini menyebabkan terjadinya learning loss, suatu keadaan tidak maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Karena itu, dibutuhkan suatu program pendampingan yang menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan learning loss ini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan metode pembelajaran pada siswa sekolah dasar sebagai upaya penanganan learning loss di Dusun Mendang, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus etnografis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil wawancara guru serta relawan pengajar, catatan lapangan sebagai observasi partisipan, dan dokumen-dokumen pendukung, dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran pada siswa sekolah dasar sebagai upaya penanganan learning loss di Dusun Mendang, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Teknik analisis data yang digunakan adalah memeriksa, mengkategorikan, mentabulasi, dan memeriksa ulang/ mengaitkan dengan teori. Hasil penelitian dari kegiatan-kegiatan pendampingan belajar siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang dilaksanakan di Dusun Mendang yang dapat mengatasi learning loss secara keseluruhan mencakup metode diskusi dan brainstorming, mengaji nyaring, praktik dan simulasi, karyawisata, dan perlombaan.} }