@article{digilib52609, volume = {13}, number = {1}, author = {- Hairun Hasanah Sagala and - Muh Wasith Achadi}, title = {Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA UII Banguntapan}, publisher = {IAIN Lhouksumawe}, journal = {ITQAN: Jurnal Ilmu Ilmu Kependidikan}, pages = {77--88}, year = {2022}, keywords = {Blended Learning, Kemandirian, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52609/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan blended learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI di SMA UII Banguntapan. Jenis penelitian ini menggunkan mix method (metodologi campuran) dengan menggunakan strategi metode campuran sekuensial/ bertahap (sequensial mixed methods) terutama strategi eksploratory sequential. Subyek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X yang berjumlah 98 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sesus. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hail penelitian yang ditemukan yaitu bahwa proses pelaksanaan pembelajaran blended learning di sekolah SMA UII Banguntapan sudah berjalan dengan efektif dan lancar serta implikasi yang didapatkan selama pembelajaran blended learning siswa mempunyai sikap kemandirian antara lain mempunyai sikap percaya diri, tanggung jawab, berperilaku bebas, mengontrol diri, disiplin, serta kreatif dan inisiatif.} }