%0 Book %A Siti Aminah, - %C Yogyakarta %D 2021 %F digilib:52636 %I Maghza Pustaka %K Aksesibilitas; Motivasi Belajar; Difabel Netra %P 106 %T AKSESIBILITAS PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN MOTIVASI BELAJAR DIFABEL NETRA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52636/ %X Buku ini merupakan hasil penelitian saat PSLD (Pusat Studi Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga belum menjadi lembaga struktural. Saat itu aksesibilitas yang ada di perguruan tinggi khususnya kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi salah satu indikator bahwa suatu perguruan tinggi sudah inklusi. Aksesibilitas pendidikan yang ada di UIN Sunan Kalijaga berupa layanan fisik dan layanan non-fisik secara teoritis diuji dan diolah menggunakan data kuantitatif dengan menghubungkan variabel motivasi belajar mahasiswa difabel netra saat itu. Di antara begitu banyak item indikator dari variable aksesibilitas pendidikan serta motivasi belajar, keberhasilan suatu pendidikan tinggi yang inklusi ternyata sangat menarik untuk digali dan dinarasikan. Buku ini berisi informasi yang disampaikan dengan jelas objektif dan bukan data yang sumbernya tidak dapat dipercaya. Dengan sengaja penulis membiarkan data apa adanya yang menghubungkan antara aksesibilitas pendidikan tinggi dengan motivasi belajar mahasiswa difabel netra. Bagaimana isu inklusif ini mampu secara realita dievaluasi ketika motivasi belajar mahasiswa ternyata selain dipengaruhi oleh aksesibilitas perguruan tinggi yang menyediakan layanan untuk mereka agar bisa menjadi pribadi yang mandiri, juga dipengaruhi oleh aksesibilitas yang dikatakan non-fisik yakni teman sebaya, layanan kampus, perilaku dosen dan lain sebagainya