%A - Farah Bilqis Kansa %A - Arina Faila Saufa %A - Rima Nur Hidayati %A - Biaunal Agustia Yusti %T Analisis Perubahan Layanan Perpustakaan di Era New Normal %X Berakhirnya masa pandemi covid-19 memaksa masyarakat untuk menjalani era normal baru (new normal) dimana masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, yaitu masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar rumah seperti biasanya, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Era new normal ini memberikan dampak perubahan diberbagai bidang, salah satunya pendidikan. Perpustakaan menjadi salah satu institusi bidang pendidikan yang terkena dampak ini, karena layanan perpustakaan turut mengalami perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang dilakukan dengan mengumpulkan literatur-literatur yang relevan dengan topik pembahasan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan landasan atau fondasi ilmiah berkaitan dengan perubahan layanan perpustakaan di era new normal. Hasil studi literatur menunjukkan ada beberapa perubahan yang bisa dilakukan perpustakaan dalam menghadapi era new normal ini diantaranya; 1) Membuat dan mengembangkan perpustakaan digital, 2) Membuat layanan booking book dan book delivery, 3) Mengoptimalkan penggunaan media sosial, dan 4) Meningkatkan kompetensi pustakawan di bidang IT. Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan perpustakaan untuk menjaga eksistensi perpustakaan di era new normal dan membantu masyarakat untuk lebih mudah mengakses layanan yang ada di perpustakaan. %K Layanan Perpustakaan, New Normal, Perkembangan Perpustakaan %P 257-268 %B JEJAK SANG GURU : Bunga Rampai Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi %D 2022 %C Yogyakarta %I Idea Press %L digilib52691