%A NIM.: 18104010081 Rima Aisyah Rahmatika %O Pembimbing: Drs. Mujahid , M.Ag. %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN UPAYA PENCEGAHAN SERTA SOLUSI YANG DILAKUKAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN KASIHAN BANTUL %X Latar belakang penelitian ini adalah ketika adanya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki Indonesia sehingga menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring dan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Tentu hal ini bukanlah suatu yang ringan untuk menerapkan pembelajaran di masa pandemi. Dampak ini juga terjadi di SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Kasihan Bantul yang belum lama resmi berdiri. Lembaga pendidikan yang baru dalam proses berkembang tentu tidak sedikit mengalami problematika selama pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 24 siswa, guru mapel PAI, dan kepala sekolah. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) problematika yang ada bersifat foundational problems (masalah mendasar), structural problems (masalah struktural), operational problem (masalah operasional). Problematika tersebut seperti kurangnya pengawasan dan bimbingan dari pengawas, keterbatasan pengoptimalan IPTEK, keterbatasan media belajar, sikap peserta didik pasif, kurang motivasi, penyampaian materi tidak efektif, guru cepat merasa lelah, hasil pekerjaan tidak jujur, penilaian afeksi dan keterampilan tidak efektif, dan feedback evaluasi dari siswa yang pasif. 2) Upaya pencegahannya seperti memunculkan sikap proaktif, meningkatkan kesadaran stakeholder, peningkatan dan pengembangan kompetensi pendidik, intens memberikan motivasi yang bervariasi, menyadarkan peran orangtua, membentuk habituasi yang positif, dan inovasi pembelajaran. 3) Solusi yang dilakukan seperti memaksimalkan perangkat yang ada, mengembangkan media pembelajaran, kerja sama dengan pendidik lain, menumbuhkan sikap perhatian, menyusun strategi pembelajaran yang efektif, dan membentuk habituasi yang positif dalam membentuk karakter peserta didik. %K Pembelajaran PAI, Problematika, Pencegahan, Solusi %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib52695