@phdthesis{digilib52698, month = {April}, title = {IMPLIKASI ANALISIS KONTRASTIF STRUKTUR KALIMAT ANTARA BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA INDONESIA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104020072 Hindun Dwi Astuti}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Nurhadi, MA}, keywords = {Analisis Kontrastif, Struktur Kalimat, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52698/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang analisis kontrastif struktur kalimat antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia beserta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab bagi penutur bahasa Indonesia. Kajian ini disusun mulai dari memaparkan struktur bahasa Arab dan bahasa Indonesia, menguraikan persamaan dan perbedaan kedua bahasa dan disimpulkan implikasi nya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau library research dengan menggunakan literatur-literatur berupa kitab-kitab nahwu dan buku-buku sintaksis sebagai sumber data primer dan jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian yang dilakukan sebagai sumber data sekunder. Data-data tersebut kemudian di analisis untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dan analisis kontrastif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan unsur-unsur kalimat dan struktur kalimat antara kedua bahasa dan ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan antara struktur kalimat bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Unsur-unsur kalimat dalam bahasa Arab yaitu isim, fi?il dan hurf, sedangkan dalam bahasa Indonesia yaitu kata, pikiran, kejelasan situasi dan tata bahasa. Diantara persamaannya yaitu terdapat kalimat nominal dan beberapa pola kalimat yang sama seperti pola kalimat S+P. Sedangkan perbedaannya terletak pada kaidah gramatikalnya, seperti klasifikasi jenis (mu{\.z}akar dan muannatsts) , i''rab dan penyesuaian antara mubtada dan khabar. Analisis ini menghasilkan implikasi dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa penutur bahasa Indonesia melalui analisis kesulitan yang mungkin dapat diatasi.} }