eprintid: 52699 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/26/99 datestamp: 2022-09-05 01:53:37 lastmod: 2022-09-05 01:53:37 status_changed: 2022-09-05 01:53:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ika Budyaningsih, NIM.: 18106070042 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Dan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) note: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc. abstract: Proses pembelajaran jarak jauh menuntut peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan internet. Pendidik membutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik saat pembelajaran jarak jauh, namun tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dalam rangka menghambat penyebaran virus Covid-19. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik saat pembelajaran jarak jauh yaitu model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa, (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 1 Godean. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket kemandirian belajar peserta didik dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa berdasarkan hasil angket, (2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa berdasarkan hasil tes. date: 2022-04-22 date_type: published pages: 284 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ika Budyaningsih, NIM.: 18106070042 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52699/1/18106070042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52699/2/18106070042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf