TY - THES N1 - Pembimbing: Idan Ramdani, M.A ID - digilib52709 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52709/ A1 - Aji Santoso, NIM.: 16250066 Y1 - 2022/08/09/ N2 - Persoalan anak putus sekolah merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang tidak pernah berakhir. Masalah ini seperti mengakar dan selalu menjadi sorotan Pemerintah, Lembaga Kesejahteraan Sosial, ataupun Lembaga Masyarakat terkait, baik itu disebabkan karena kondisi ekonomi, faktor lingkungan, kurangnya motivasi, atau tergolong karena PMKS. Hal ini menjadi salah satu alasan LKS Yayasan Senyum Kita dalam membentuk dan menjalankan progam-progamnya sesuai fungsi, tujuan, dan proses pelayanan sosial. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apa fungsi pelayanan sosial yang dilakukan, apa tujuan pelayanan sosial yang dipraktikkan, dan bagaimana proses pelayanan sosial yang diterapkan oleh LKS Yayasan Senyum Kita Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori fungsi pelayanan sosial, teori tujuan pelayanan sosial, dan teori proses pelayanan sosial, Metode pengumpulan data yang digunakan ada beberapa cara, yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam penelitian ini terdapat beberapa informan guna memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan tema penelitian, diantranya yaitu: Direktur Utama, Menejer Progam, dan Divisi Pemberdayaan Progam, sebagai informan kunci. Kemudian 1 relawan LKS, dan 5 penerima bantuan beasiswa pendidikan LKS Yayasan Senyum Kita, sebagai informan pendukung. Dari penelitian yang dilakukan, memunculkan hasil sebagai berikut (1) fungsi pelayanan sosial diterapkan di LKS Yayasan Senyum Kita yang meliputi: pertama, pelayanan-pelayanan untuk sosialisasi dan pengembangan, kedua, pelayanan-pelayanan untuk pertolongan dan ketiga, pelayanan pelayanan untuk mendapat akses, informasi, dan nasihat (2) tujuan pelayanan sosial dipraktikan di LKS Yayasan Senyum Kita yang meliputi, pertama memenuhi kebutuhan pendidikan adik asuh, kedua meningkatkan pendampingan belajar dengan tutor terbaik kepada adik asuh, dan yang ketiga adalah meningkatkan potensi ekonomi keluarga adik asuh melalui pemberdayaan usaha. (3) proses pelayanan sosial yang dijalankan oleh LKS Yayasan Senyum Kita yang meliputi, pendekatan awal (engagement), pengungkapan pemahaman masalah (assesment), perencanaan pemecahan masalah (planning), pelakasanaan pemecahan masalah (intevention), monitoring dan evaluasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Putus Sekolah KW - Anak Sekolah KW - Proses Pelayanan Sosial M1 - skripsi TI - PELAYANAN SOSIAL BERBASIS LAYANAN LUAR LEMBAGA (STUDI : UPAYA MEMINIMALISIR ANAK PUTUS SEKOLAH PADA LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL YAYASAN SENYUM KITA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 126 ER -