%0 Thesis %9 Masters %A Wahyu Nurrohman, NIM.: 20204011052 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:52769 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K relejius culture; budaya; Islamic learning %P 158 %T PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52769/ %X Pendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan peserta didik agar nantinya mampu hidup ditengah masyarakat, dan mampu mengembangkan, meningkatkan kualitas hidupnya, masyarakat disekitarnya bahkan bangsanya. Maka dari itu Pendidikan seharusnya bukan sekedar teori dalam kelas saja. Budaya religius sendiri merupakan salah satu cara guru, khususnya guru Pendidikan agama islam dalam mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan yang sudah diajarkan dalam kelas. Hal ini ditujukan agar pembelajaran agama tidak hanya sebatas teori saja, akan tetapi juga mengena pada segala aspek. Baik itu aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada anak didik. Disinilah, peran Pendidikan Agama Islam itu sendiri sangat penting dalam membentuk prilaku (Akhlak) setiap siswa untuk menjadi orang dewasa, mandiri, dan memiliki akhlak yang baik. Penanaman budaya religius penting dilakukan sejak usia dini secara konsisten dan berkelanjutan, mengingat banyak penyimpangan moral di masyarakat dikarenakan lemahnya sitem pendidikan moral di sekolah. Untuk itu diperlukan suatu pola penanaman nilai-nilai budaya religius yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah tersebut di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Pendidikan agama islam, implementasi Pendidikan agama islam dalam membentuk budaya religius siswa, serta implikasi konsep Pendidikan agama islam dalam menanamkan budaya religius siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti ini focus pada rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep pendidikan Agama Islam di SMP PGRI Kasihan Bantul?, 2) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Budaya Religius siswa di SMP PGRI Kasihan Bantul?, 3) Bagaiman implikasi Pendidikan Agama Islam untuk membentuk Budaya Religius siswa di SMP PGRI Kasihan Bantul?. Dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan Agama Islam yang diterapkan guru pendidikan Islam dalam membentuk Budaya Religius siswa di SMP PGRI Kasihan Bantul, 2) untuk menegtahui implementasi Pendidikan agama islam dalam membentuk budaya religius siswa di SMP PGRI Kasihan Bantul, 3) untuk menegetahui implikasi Pendidikan agama islam dalam membentuk budaya religius siswa di SMP PGRI Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan Teknik analisis deskripsi kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa konsep Pendidikan agama islam di SMP PGRI Kasihan Bantul sudah cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya konsep Pendidikan agama islam yang cukup dalam menanamkan budaya religius siswa di sekolah, terbukti juga dengan adanya berbagai macam kegiatan penanaman budaya religius pada siswa seperti sholat dhuha, mengaji Al-Qur’an satu jam pertama sebelum pembelajaran di mulai, sholat dhuhur berjamaah, mengikuti kultum setelah sholat dhuhur, program tahfidz Qur’an yang di ikuti setelah pulang sekolah serta kegitan-kegiatan keagamaan lainnya. Berbagai kegiatan tersebut sudah rutih dilakukan setiap harinya. Selain itu juga diberikan motivasi-motivasi untuk berprilaku baik melalui kultum setelah sholat dhuhur. Dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan, siswa SMP PGRI Kasihan Bantul, mereka sudah menunjukkan prilaku yang positif. %Z Pembimbing: Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag.