%0 Thesis %9 Skripsi %A Ayatullah Atabik Janka Dausat, NIM. 99122388 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2006 %F digilib:52865 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K KHR Nachrawi Dan Aktifitasnya (1942-1975 M) %P 156 %T K.H.R. NACHRAWI DAN AKTIFITASNYA (1942-1975 M.) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52865/ %X Berdasarkan uraian pada bab-bab terdahulu, maka dapat disimpulkan bahwa: K.H.R. Nachrawi lahir dari keluarga santri dengan tradisi ulama yang kuat. Pendidikan awal dalam keluarga sebagai modal bagi langkah hidupnya untuk menuju pendidikan pondok pesantren. Pendidikan keagamaan yang ditanam dalam keluarga dan pondok pesantren turut membentuk kepribadian K.H.R. Nachrawi, amal perbuatannya merupakan perpaduan antara ilmu dan ihsan. Bekal pendidikan yang ia miliki, merupakan modal utama dalam aktivitas hidupnya. Kiprah K.H.R. Nachrawi dalam masyarakat sangat luas. Kiprahnya antara lain dalam bidang politik, bidang pendidikan dan dakwah, bidang sosial budaya, dan bidang kemasyarakatan. Selain itu K.H.R. Nachrawi meninggalkan karya-karya besar sebagai bukti perjuangannya. Perjuangan K.H.R. Nachrawi sebagai seorang Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah adalah mengembangkan Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah ke dalam berbagai lapisan masyarakat yang masih tinggi kepercayaan Animismc dan Dinamismenya. Pc1juangannya dalam mengembangkan Tarekat Naqsyabandiyuh Khalidiyah tidak lepas dari ide-ide yang dimiliki oleh K.H.R. Nachrawi yang ditunjang oleh kharisma yang dimilikinya. Berkat ide-ide itulah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah berkembang pesat dalam waktu yang singkat. Murid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah menyebar di berbagai daerah,Karisidenan Kedu dan Daerah Istimewa Y ogyakarta. Bukti perjuangan K.H.R. Nachrawi antara lain berupa 150 masjid yang didirikannya sebagai pusat kegiatan tarekat serta kesenian shalawatan dan pencak silat yang bemafaskan Islam. %Z Pembimbing : Drs. Badrun 'Alaena M.Si.