%A WAHID RAHMANTO - NIM. 05410104 %O Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag. %T STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGDUWET GUNUNG KIDUL %X ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Karangduwet dari hasil Ujian Tengah Semester I rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 65,62, padahal standar minimal untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 70, sehingga ada ketidakberhasilan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam sebanyak 4,37. Hasil tersebut menunjukan bahwa ada ketidakberhasilan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, peneliti menawarkan penerapan strategi learning tournament. Pemilihan strategi lerarning tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena disesuaikan dengan materi ajar yaitu puasa wajib dan agar siswa menjadi aktif selama kegiatan belajar mengajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan strategi learning tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan Seberapa tinggi peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menerapkan pembelajaran melalui strategi learning tournament di kelas V SD Muhammadiyah Karangduwet. Skripsi ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Muhammadiyah Karangduwet. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Strategi Learning Tournement Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Muhammadiyah Karangduwet Gunung Kidul dilakukan dalam tiga siklus yaitu siklus I siklus II dan siklus III, adapun tahapan-tahapan dalam setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dalam sepekan, pada pertemuan pertama dilakukan pre-test dan pada pertemuan kedua dilakukan post-test. Peningkatan prestasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Muhammadiyah Karangduwet Gunung Kidul, dibuktikan dari keaktifan siswa dan tes. Hasil dari keaktifan dari siklus I sampai dengan siklus III menunjukan adanya peningkatan. Pre-test siklus I rata-rata siswa sebesar 66,05 kemudian pada post-test akhir siklus III menjadi 72,64. Berarti ada peningkatan sebesar 6,59. Prosentase kenaikan pre-test siklus petama sampai pada post-test siklus ke tiga adalah 26,31%. div %K strategi learning tournament %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5288