TY - THES N1 - Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos. ID - digilib52936 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52936/ A1 - Mochammad Ferdian Abidin, NIM.: 17102010033 Y1 - 2022/07/07/ N2 - Pada Bulan Ramadhan stasiun televisi nasional maupun lokal berlomba memunculkan program spesial Ramadhan. Program acara yang muncul di bulan Ramadhan beragam, dari program baru maupun program lama, baik program yang tayang pada jam berbuka maupun pada jam sahur. Jenis program yang muncul beragam mulai dari hiburan hingga religi ataupun perpaduan antara keduanya. Salah satu televisi lokal di Jawa Timur yatu JTV pada Ramadhan tahun 2021 memunculkan program religi baru yang tayang pada jam sahur dengan nama Sahur Bareng Gus Miftah. Pada penayangan perdananya di tahun 2021, program ini mendapatkan penonton cukup banyak jika dibandingkan dengan program acara sahur televisi lokal lainnya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi kreatif produer program acara Sahur Bareng Gus Miftah dalam menarik minat penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam mengetahui strategi produser peneliti menggunakan teori strategi produksi milik Peter Pringle dan teori sifat kreatif milik Himes unutuk mengetahui sifat kreatif dari produser. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam dengan produser, observasi, dan dokumentasi yang nantinya akan dianalisis menggunakan teori analisis milik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah berhasilnya produser menggaet Gus Miftah sebagai tokoh utama dalam program Sahur Bareng Gus Miftah. Dalam mendukung itu strategi kreatif dari produser adalah memberikan konsep program yang dalam satu episode berisi tausiah diselingi guyonan khas Jawa Timur dari co-host Yudho- Andik yang dipilih produser karena sering mendampingi Gus Miftah dalam acara off-air. Promosi program yang dilakukan dengan penayangan tiga babak yaitu cuplikan episode di Instagram, on-air, dan mengunggah hasil produksi di Youtube, ketiganya dilakukan secara berkala dan dilakukan pada hari yang sama. Produser juga memanfaatkan beberapa talent dalam membuat sesuatu yang baru setiap episodenya seperti Andik TB yang menirukan Gus Miftah, mengundang Kapolres Kediri, dan pertanyaan langsung dari pemirsa melalui Instagram Gus Miftah. Dari keseluruhan strategi yang dilakukan, produser menekankan untuk selalu well prepared dan zero mistake di setiap aspek yang berkaitan dengan program. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Kreatif KW - Produser KW - Sahur Bareng Gus Miftah M1 - skripsi TI - STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA ?SAHUR BARENG GUS MIFTAH? DI JTV DALAM MENARIK MINAT PENONTON AV - restricted EP - 154 ER -