eprintid: 52941 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/29/41 datestamp: 2022-09-12 08:12:04 lastmod: 2022-09-12 08:12:04 status_changed: 2022-09-12 08:12:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ridwan Dwi Jatmiko, NIM.: 17102010069 title: KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND.BARTHES) ispublished: pub subjects: KD subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Komodifikasi nilai agama Islam, iklan Luwak White Koffie dan Luwak Hitam, Semiotika Roland Barthes note: Pembimbing : Dr. H. M. Kholili, M, Si.. abstract: Iklan merupakan media persuasif yang ditujukan kepada masyarakat untuk meminati produk yang ditawarkan. Salah satu upaya untuk mendapatkan atensi dari masyarakat adalah dengan memanfaatkan momen di bulan Ramadhan. Banyak iklan yang berlomba-lomba menampilkan iklan yang menarik dengan memasukan unsur agama Islam didalamnya. Iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam merupakan salah satu iklan yang memanfaatkan momen bulan Ramadhan dengan memasukan nilai Islam agar masyarakat meminati produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana makna yang terdapat dalam tanda nilai agama Islam yang dijadikan komodifikasi dalam iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam versi Ust. Taufiqurrahman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes yang menganalisis tanda menjadi dua bagian yaitu penanda dan petanda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai agama Islam dijadikan sebagai komodifikasi dalam iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam terdapat tiga bentuk, yaitu ikonografi (penggambaran identitas), endoser iklan, dan isi pesan. Bentuk ikonografi terdiri dari penggunaan jilbab yang kurang sempurna, biji tasbih digelangkan saat minum kopi, menggunakan busana muslim saat minum kopi dan instrumen musik gambus. Bentuk endoser iklan yaitu Ustadz Taufiqurrahman sebagai bintang iklan. Sementara bentuk isi pesan yaitu mengajak pemirsa untuk meminum kopi agar meraih hidup berkah. Nilai-nilai Islam yang dijadikan sebagai komodifikasi dalam Iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam di bulan Ramadhan untuk membeli Kopi Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam. date: 2022-07-19 date_type: published pages: 105 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ridwan Dwi Jatmiko, NIM.: 17102010069 (2022) KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND.BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52941/1/17102010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52941/2/17102010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf