<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair)"^^ . "Al-Musytarak al-lafz}i> merupakan sebuah fenomena kebahasaan yang memiliki\r\nkedudukan yang sangat penting dalam hubungan antara kata dan makna. Para ahli dan peneliti,\r\nbaik yang klasik atau modern, mengakui bahwa al-musytarak al-lafz}i> mempunyai pengaruh\r\nyang sangat kuat, baik dalam aktifitas komunikasi maupun dalam penetapan suatu hukum. Oleh\r\nkarena itu, secara khusus mereka membahas masalah ini, baik dalam kajian-kajian bahasa,\r\nhukum, ilmu al-Qur'a>n, maupun logika.\r\nPara ahli, baik yang klasik maupun modern, memberikan perhatian yang serius dalam\r\nmengkaji al-musytarak al-lafz}i>. Dalam kajian tersebut mereka berbeda pendapat tentang\r\ndefinisi al-musytarak al-lafz}i>, penyebabnya, pengaruhnya, dan berbagai aspek lain yang\r\nberkaitan dengan al-musytarak al-lafz}i>. Para ahli Ilmu al-Qur’a>n telah memperhatikan\r\nmasalah al-musytarak al-lafz}i> dan hubungannya dengan al-Qur’a>n, sifat i‘ja>z-nya beserta\r\ntafsirnya. Mereka mendefinisikan kata al-musytarak al-lafz}i>, kemudian menjelaskan\r\nkedudukannya dalam al-Qur’a>n dan sejauh mana pengaruhnya dalam penetapan hukum.\r\nDalam ilmu al-Qur’a>n, al-musytarak al-lafz}i> dibahas dalam ‘ilmu al-wuju>h wa annaz}\r\na>’ir. Ilmu ini termasuk ke dalam cabang ilmu tafsir. Al-wuju>h wa an-naz}a>’ir mereka\r\nartikan sebagai suatu kata yang disebutkan di dalam berbagai tempat di dalam al-Qur’a>n,\r\ndengan ucapan dan harakat yang sama. Akan tetapi, kata tersebut memiliki makna yang\r\nberbeda di setiap tempatnya. Oleh karena itu, ucapan setiap kata yang disebutkan di tempat\r\nyang sepadan dengan ucapan kata yang sama di tempat yang lain itulah yang disebut dengan\r\nan-naz}a>'ir. Sementara itu, tafsiran setiap kata dengan maknanya yang berbeda, dinamakan\r\ndengan al-wuju>h. Jadi, an-naz}a>'ir merupakan nama untuk ucapan, sedangkan al-wuju>h\r\nmerupakan sebutan bagi makna. Karya yang berhubungan dengan masalah ini dikenal dengan\r\nnama al-wuju>h wa an-naz}a>’ir, walaupun tidak mesti menggunakan nama tersebut.\r\nPara ulama berbeda pendapat dalam menyikapi adanya al-musytarak al-lafz}i> dalam al-\r\nQur’a>n antara yang menolak sama sekali, menerima sepenuhnya dan yang mengakui\r\nkeberadaannya secara proporsional. Demikian pula antara yang manganggap al-musytarak allafz}\r\ni> dalam al-Qur’a>n sebagi bentuk kemukjizatan al-Qur’a>n dan yang beranggapan\r\nsebaliknya. Hal ini karena teori yang dibangun masing-masing kelompok berbeda-beda.\r\nBanyak teori dirumuskan para ahli semantik tentang al-musytarak al-lafz}i>. Salah\r\nsatunya dirumuskan oleh Muhammad Nuruddin Al-Munajjad yang mendefinisikan almusytarak\r\nal-lafz}i> sebagai setiap kata mufrad dengan urutan huruf-huruf dan harakatnya\r\nmenunjukkan dua makna atau lebih secara spesifik, dalam lingkungan yang satu, pada masa\r\nyang satu dan di antara makna-makna tersebut tidak ada ikatan arti ataupun bala>gah.\r\nTeori inilah yang digunakan peneliti untuk menganalisa apakah suatu kata yang selama\r\nini diindikasikan oleh ulama al-wuju>h wa an-naz}a>'ir sebagai al-musytarak al-lafz}i>\r\nbetul-betul ada. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :\r\nBahwa Kata kata yang termuat dalam buku al-wuju>h wa an-naz}a>'ir setelah dikritisi\r\ndan dilakukan pembahasan mendalam pada umumnya tidak terbukti sebagai musytarak allafz}\r\ni>, karena setelah dilakukan penelitian kata-kata tersebut pada umumnya tidak memenuhi\r\nkriteria sebagai kata musytarak. Akan tetapi, perbedaan makna yang ada lebih cenderung\r\ndisebabkan oleh beberapa faktor-faktor diluar kata itu sendiri.\r\nAtas dasar ini, buku-buku tentang al-wuju>h wa an-naz}a>'ir dapat peneliti kategorikan\r\nsebagai karangan yang cenderung masuk dalam bidang kajian tafsir dan takwil yang khusus\r\nmembahas pengertian-pengertian umum suatu kata sesuai dengan konteksnya atau dengan faktor-faktor lain. Buku-buku tersebut tidak peneliti masukkan dalam kategori bidang kajian\r\nbahasa yang membahas tentang perincian makna suatu kata sesuai dengan penggunaannya.\r\nSedangkan faktor faktor yang mempengaruhi perbedaan makna yang ada dalam alwuju>\r\nh wa an-naz}a>'ir adalah :\r\n1. Penggunaan bentuk-bentuk retorika (Al-Istikhda>m Al-Bala>gi>)\r\nFaktor faktor ini meliputi :\r\na. Majaz (Al-Maja>z)\r\nb. Kiasan (Al-Isti‘a>rah)\r\nc. Sindiran/Metonimi (Al-Kina>yah)\r\nd. Gaya pertanyaan (Uslu>b Al-Istifha>m)\r\n2. Pengkhususan kata umum (Takhs}i>s} Al-‘Az} dengan menggunakan bentuk\r\nid}a>fah pada lafa>z} itu sendiri.\r\nc. Bentuk pengkhususan dengan menghubungkan kata dengan konteks.\r\nd. Pengkhususan makna dilakukan dengan cara memprioritaskan pendapat salah satu\r\nahli tafsir.\r\ne. Pengkususan dengan menggunakan asba>b an-nuzu>l."^^ . "2020-12" . . . . . . . . "-"^^ . "Tulus Mustofa"^^ . "- Tulus Mustofa"^^ . . . . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Text)"^^ . . . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh.pdf"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Text)"^^ . . . . . "surat-surat-pernyataan1662985326.pdf"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #52947 \n\nHAKI_AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI DALAM AL-QUR'AN (Kajian Semantik Terhadap Makna Ganda Pada Al-Wujuh Wa An-Nazair)\n\n" . "text/html" . . . "al Qur'an" . .