eprintid: 53042 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/30/42 datestamp: 2022-09-15 06:44:46 lastmod: 2022-09-15 06:44:46 status_changed: 2022-09-15 06:44:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Miftahul Anam, NIM.: 17102040011 title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN IBADAH HAJI REGULER TERHADAP KEPUASAN CALON JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BIMA TAHUN 2021 ispublished: pub subjects: man_haj divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Calon Jamaah, Kantor Kementerian Agama Kota Bima note: Pembimbing: H. M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag., M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pendaftaran ibadah haji reguler terhadap kepuasan calon jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Bima tahun 2021. Variabel independen yaitu kualitas pelayanan pendaftaran ibadah haji reguler dan variabel dependen yaitu kepuasan calon jamaah haji. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survei yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan memberikan peluang yang sama. Dalam probability sampling ini juga menggunakan metode simple random sampling yaitu mengambil sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif responden dan jawaban responden, uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis (uji t (parsial) dan koefisien determinasi (R2)). Hasil penelitian berdasarkan olah data yang dilakukan menggunakan software IBM SPSS versi 24.0 for windows menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendaftaran ibadah haji reguler berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan calon jamaah haji. Berdasarkan hasil uji t (parsial) didapatkan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 10,147 > 1,991 ttabel, sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,569 yang berarti kualitas pelayanan pendaftaran ibadah haji reguler memberikan pengaruh sebesar 56,9% terhadap kepuasan calon jamaah haji dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. date: 2022-08-12 date_type: published pages: 125 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Miftahul Anam, NIM.: 17102040011 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN IBADAH HAJI REGULER TERHADAP KEPUASAN CALON JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BIMA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53042/1/17102040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53042/2/17102040011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf