TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. ID - digilib5305 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5305/ A1 - SUHARTINI, NIM. 06410019 Y1 - 2011/01/18/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi guru PAI yang belum optimal sehingga mutu pendidikan yang dihasilkan cenderung tambal sulam. Kepala Madrasah mempunyai tanggung jawab dan peran besar terkait kompetensi guru PAI tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)Godean Sleman; upaya apakah yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MAN Godean Sleman; Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MAN Godean Sleman. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MAN Godean Sleman; mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MAN Godean Sleman; serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MAN Godean Sleman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala MAN Godean Sleman; Staf pengajar pendidikan agama Islam MAN Godean Sleman; dan kepala Tata Usaha MAN Godean Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan administrasi pendidikan.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Godean belum berperan optimal; (2) Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Godean dilakukan dengan memberikan kesempatan memperluas wawasan kepada guru PAI, pemberian kesempatan guru PAI untuk melanjutkan pendidikannya/lanjut S2, dan menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MAN Godean meliputi: perpustakaan memadai, tersedianya laboratorium agama dan mushala, dan tersedianya ruang audio visual dan komputer berbasis internet. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MAN Godean meliputi: sumber daya manusia yang ada, tidak lengkapnya referensi-referensi PAI dan ensiklopedi PAI, dan terbatasnya dana. div PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kompetensi Pedagogik M1 - skripsi TI - PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN GODEAN SLEMAN AV - restricted ER -