@phdthesis{digilib53084, month = {July}, title = {STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI PARIWISATA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PERUSAHAAN BUS PARIWISATA PT DJOKO KENDIL DI MOJOKERTO)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 171020400028 Mochamad Rizal}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Shofi?unnafi, M.M.}, keywords = {Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Perusahaan Bus Pariwisata PT Djoko Kendil}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53084/}, abstract = {Pada awal tahun 2020 dunia dihebohkan dengan munculnya virus covid-19 yang terdeteksi pertama kali dari Wuhan China dan akhirnya menyebar hampir seluruh wilayah dunia tak terkecuali negara Indonesia. Adanya virus covid-19 ini mengakibatkan perubahan-perubahan pada seluruh sektor bisnis salah satunya adalah pada bisnis industri pariwisata ditambah dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang membuat masyarakat takut untuk pergi berwisata. Hal ini menjadi pukulan bagi pelaku bisnis pariwisata tak terkecuali pada perusahaan bus pariwisata PT Djoko Kendil di Mojokerto yang mengalami penurunan omset penjualan dimasa pandemi covid-19 dari sini perusahaan ini memutar otak untuk dapat bertahan dari gelombang covid-19 yang sedang terjadi dengan penyesesuaian strategi pemasaran yang ada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Penelitian ini berisi tentang strategi pemasaran serta penerapan bauran pemasaran terkait produk, harga, promosi, dan tempat yang dilakukan oleh perusahaan bus pariwisata PT Djoko Kendil dimasa pandemi covid-19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan bus pariwisata PT Djoko Kendil dimasa pandemi covid-19 adalah dengan memberikan penawaran menarik serta menerapkan bauran pemasaran produk, harga, promosi, dan tempat. Perusahan bus pariwisata PT Djoko Kendil telah menerapkan strategi bauran pemasaran dimasa pandemi covid-19 meskipun dalam melakukannya masih sederhana dan hal yang paling menarik dari strategi yang dilakukan ialah memberikan penawaran harga khusus, memberikan kemudahan pelayanan konsumen dan memperhatikan perlindungan ekstra kepada konsumen.} }