%0 Thesis %9 Skripsi %A ARIS BUDIANTO, NIM. 06410126 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:5311 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Peran Guru , Pembelajaran %T PERAN GURU FIQIH DALAM PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KANDANGAN KEDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5311/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa kebanyakan dalam proses pembelajaran guru masih kurang begitu memperhatikan pencapaian ranah afektif. Hal ini disebabkan guru-guru merasa kurang mantab dalam merumuskan tujuan afektif, karena tujuan afektif lebih sulit diukur dari pada tujuan kognitif. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran secara nyata bagaimana pembelajaran fiqih, peran guru dalam mengembangkan ranah afektif siswa dan hasil dari peran guru dalam mengembangkan ranah afektif siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kandangan Kediri apakah telah berkembang dengan optimal atau sebaliknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Kandangan Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara (interview) metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang perkembangan ranah afektif siswa dalam kehidupan sehari-hari, penilaian terhadap ranah afeksi menggunakan teori Krathwol dkk melalui 5 tahapan yaitu : Penerimaan, Pemberian respon, Memberi penilaian, Mengorganisasi, dan pengkarakterisasi nilai. Yang tercantum dalam materi fiqih berupa : ketertarikan terhadap pembelajaran, aktif dalam pembelajaran, mau menerima kritik atau saran dari orang lain, melaksanakan materi fiqih sesuai dengan yang disyariatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dokumentasi untuk memperoleh data tentang letak geografis, struktur organisasi, keadaan sarana dan prasarana, keadaan siswa dan guru. Sedangkan data Angket hanya untuk mempertegas data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Analisa data dilakukan dengan cara non statistic untuk data yang bersifat kualitatif, sedangkan untuk data yang bersifat kuantitatif menggunakan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : Madrasah Aliyah Negeri Kandangan Kediri khususnya guru fiqih kelas XI telah berperan sangat penting dalam pengembangan ranah afektif siswa. Peran guru fiqih sebagai motivator merupakan yang paling optimal dalam keberhasilan pengambangan ranah afektif siswa. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran fiqih siswa sangat bersemangat dan antusias, dan juga terlibat ketika siswa melaksanakan kegiatan peribadatan dan keagamaan disekolah mereka begitu bersemangat dan antusias. Dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Kandangan guru fiqih telah memberikan feed back yang cukup baik. Metode yang digunakan dan tujuan yang ingin dicapai guru dalam proses pembelajaran fiqih telah memperhatikan aspek atau ranah afektif dengan cukup baik. div %Z Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag.