%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Ayunda Kusmiya Putri, NIM.: 17107020060
%B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
%D 2022
%F digilib:53138
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Pola Asuh, Interaksi Sosial, anak Tuli
%P 89
%T POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TULI DI SLB NEGERI 2 BANTUL
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53138/
%X Pola asuh orang tua adalah suatu tindakan atau cara orang tua yang  menerapkan dalam mendidik dan mengasuh anak. Pola asuh tidak hanya untuk  diasuh saja akan tetapi untuk bisa interaksi yang dilakukan oleh orang tua kepada  anak dengan komunikasi yang baik. Latar belakang penelitian ini adalah ada  beberapa orang tua ada yang mengalami ketidakpahaman cara mengasuh anak  difabel Tuli seperti keterbatasan dalam interaksi misalnya bahasa Isyarat. Dengan  demikian orang tua yang memiliki anak difabel Tuli mengalami kesulitan dalam  berkomunikasi pada anak Tuli. Rumusan masalah bagaimana pola asuh orang tua  dalam meningkatkan kemampuan interaksi anak Tuli di SLB Negeri 2 Bantul.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian  kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa  kata-kata, tulisan maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.  Namun peneliti menyadari bahwa selama melakukan penelitian mengalami  beberapa hambatan dikarenakan peneliti tidak mendengar dan Tuli. Dalam  memahami apa yang dikatakan informan melalui tulisan, dan Whatsapp. Peneliti  menggunakan bahasa Isyarat dan bahasa tulis ketika berkomunikasi dengan orang  tua. Untuk memilih subjek, peneliti dengan memilih orang tua dan guru yang di  SLB Negeri 2 Bantul. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer  dan sekunder. Data akan dianalisis dengan metode analisis dekrisptif. Landasan  teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola asuh orang tua.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan diperoleh kesimpulan  bahwa diawali menjalin komunikasi dengan anak Tuli seperti apa, orang tua  mendapat kesulitan dalam berbahasa kepada anak. Dengan keterbatasan yang  dimiliki anak Tuli, orang tua tetap tidak mengabaikan untuk menjalin komunikasi  yang baik dengan anak seperti menggunakan bahasa verbal, bahasa Isyarat dan  bahasa Tulis.
%Z Pembimbing : Dr. Astri Hanjarwati., S.Sos., M.A.