eprintid: 53144 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/31/44 datestamp: 2022-09-19 01:55:49 lastmod: 2022-09-19 01:55:49 status_changed: 2022-09-19 01:55:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Eka Munawaroh, NIM.: 18102010047 title: STRATEGI DAKWAH PADA AKUN @INDAHRAMA_ DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH ispublished: pub subjects: Media subjects: ms divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Dakwah, Pemanfaatan Media Sosial, Strategi Dakwah Al- Bayanuni note: Pembimbing: Dra. Anisah Indriati, M.Si abstract: Kemajuan teknologi di era ini membuat komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien dengan hadirnya internet serta berbagai jenis media. Salah satu media yang banyak digunakan pada era ini adalah media sosial. Tiktok merupakan salah satu media sosial yang sedang populer beberapa tahun terakhir. Berkat kepopulerannya, Tiktok banyak dimanfaatkan oleh para da’i menjadi media dakwah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji tentang strategi dakwah pada akun @indahrama_ dalam pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai media dakwah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan bentuk strategi dakwah yang dikemukakan oleh Al-Bayanuni yang terdiri dari tiga bentuk, yaitu strategi sentimentil (al-manhaj al-‘athifi), strategi rasional (al-manhaj al-aqli), dan strategi indrawi (al-manhaj al-hissi). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwasanya dari 15 video yang penulis teliti, akun Tiktok @indahrama_ menerapkan ketiga bentuk strategi dakwah Al-Bayanuni dengan rincian strategi sentimentil sebanyak 8 video, strategi rasional sebanyak 5 video, dan strategi indrawi sebanyak 2 video. Pada strategi sentimentil, fitur-fitur yang dimanfaatkan dalam pembuatan konten dakwah Islam adalah fitur penambahan musik, fitur filter video, dan fitur teks. Pada strategi rasional fitur yang dimanfaatkan adalah fitur jawab pertanyaan, fitur penambahan musik, fitur filter video, fitur efek video, serta fitur stiker. Sementara itu, pada video yang mengandung strategi indrawi fitur-fitur yang digunakan pada media sosial Tiktok adalah fitur penambahan musik, fitur teks, dan fitur efek video. date: 2022-08-05 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eka Munawaroh, NIM.: 18102010047 (2022) STRATEGI DAKWAH PADA AKUN @INDAHRAMA_ DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53144/1/18102010047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53144/2/18102010047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf